Usai Salurkan BLT DD, Desa Suka Damai Lanjut Kegiatan Monev

0
403
Suka Damai

GO BENGKULU, LEBONG – Pemerintah Desa Suka Damai, menggelar kegiatan penyaluran BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) tahap 5, 6 dan 7 kepada 45 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di desanya, Kamis (2/9/2021). Penyaluran dilakukan secara simbolis dengan menghadirkan perwakilan dari masing-masing dusun sebanyak 4 orang. Selebihnya, penyaluran dilakukan langsung ke rumah-rumah warga oleh kepala desa bersama perangkat desa didampingi juga oleh petugas lainnya, seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan BPD.

Kepala desa Suka Damai, Zulkarnaen, saat dibincangi awak gobengkulu.com, mengatakan, penyaluran yang dilakukannya hari ini adalah untuk 3 bulan sekaligus dengan masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp 900 ribu untuk penyaluran bulan Mei, Juni dan Juli.

“Satu bulannya Rp 300 ribu, karena ini kita salurkan 3 bulan sekaligus jadi nilainya menjadi Rp 900 ribu,” terang Kades.

Suka Damai

Kades juga menyampaikan, saat ini memang semua orang sedang kesusahan lantaran pandemi Covid-19. Untuk itu, dia mengimbau agar bantuan yang diterima dapat digunakan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Mungkin ini nilainya tidak seberapa, tapi di zaman yang serba sulit ini uang Rp 900 ribu itu sangat berarti. Saya harap uang tersebut dapat digunakan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Seusai menyalurkan BLT DD, di desa Suka Damai juga digelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh tim Monev Kecamatan terkait serapan anggaran DD dan ADD (Dana Desa dan Alokasi Dana Desa) tahap I tahun anggaran 2021. Pada kesempatan itu pihak desa melaporkan, ADD tahap I telah terserap 100 persen yang digunakan untuk pembayaran insentif perangkat desa dan kegiatan lainnya.

Kemudian dana DD, pihak desa juga melaporkan telah terserap 100 persen yang digunakan untuk berbagai kegiatan termasuk juga kegiatan pembangunan desa. Seperti, pembangunan saluran Irigasi di Dusun III, sepanjang 398 meter dengan Lebar 130 cm. Bangunan tersebut menyerap anggaran sekitar Rp 466 juta. Dari hasil monitoring, pembangunan tersebut selesai 100 persen dan hasilnya pun sesuai seperti perencanaan sebelumnya.

“Sudah kita cek dan evaluasi, hasilnya bagus dan realisasinya pun sesuai seperti yang dilaporkan,” ungkap Camat Lebong Tengah, Sugiarto, SE, kepada gobengkulu.com saat dibincangi Kamis siang.

Terpantau di lapangan, kegiatan yang digelar di Desa Suka Damai hari ini dihadiri olehamat Lebong Tengah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa, BPD dan tokoh masyarakat setempat.(Pls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here