Air Duku Meluap, Puluhan Rumah Warga Dusun Curup Tenggelam

0
1066

GO BENGKULU, REJANG LEBONG – Hujan lebat sejak dini hari mengguyuri kota Curup mengakibatkan puluhan rumah di Kelurahan Dusun Curup, Kecamatan Curup Utara tenggelam hingga 1,5 meter. Data terhimpun, hujan lebat mengguyuri Kota Curup sejak dini hari, sekira pukul 02.30 WIB. Hujan berlangsung hingga 2 jam lebih. Akibatnya, sungai Air Duku yang membentang tepat di perbatasan Kelurahan Dusun Curup dengan Kelurahan Jalan Baru meluap dan menggenangi puluhan rumah warga sekitar aliran sungai.

Tidak hanya rumah warga, luapan air juga menggenangi badan jalan tepatnya di jembatan Air Duku, jembatan yang merupakan akses pintu keluar Kota Curup menuju Kabupaten Lebong. Genangan air di badan jalan tersebut mencapai 1 meter membuat jalan tidak bisa dilintasi dan para pengendara terpaksa mencari jalan alternatif.

“Sedikitnya 30 rumah warga terendam, di RT 01 sebanyak 17 rumah, kemudian di RT sebelah sekira 13 rumah,” cerita M. Sholeh, ketua RT. 01 Kelurahan Dusun Curup, Kamis (23/4).

M. Sholeh juga menceritakan, setiap turun hujan sungai Air Duku memang kerap menggenangi rumah warga RT.01 yang berada di sekitar aliran sungai, tapi untuk banjir sedahsyat itu, seingat dia baru dua kali terjadi.

“Air mulai naik sekira pukul 05.00 WIB tadi, tapi belum separah ini. Memang rumah sekitar sini sering kebanjiran kalau turun hujan tapi kalau yang separah ini seingat aku baru dua kali,” terangnya. Pantauan terakhir awak gobengkulu.com, sekira pukul 10.00 WIB air sudah mulai menyusut dan jalan sudah mulai bisa dilewati. (Jeo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here