/
/
headlineLebongpotret-desa

Dimonev Tim Kecamatan, Realisasi Anggaran Tahap III Desa Mangkurajo Dinilai Baik

1016
×

Dimonev Tim Kecamatan, Realisasi Anggaran Tahap III Desa Mangkurajo Dinilai Baik

Sebarkan artikel ini
Monev Tahap III Desa Mangkurajo

GO BENGKULU, LEBONG – Meski terkesan terlambat, Rabu (24/1/2024) pagi, tim monitoring dari Kecamatan Lebong Selatan, menyambangi Desa Mangkurajo untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penggunaan anggaran tahap III tahun 2023 lalu. Kedatangan tim Monev dari kecamatan itu disambut langsung oleh Pjs Kepala Desa Mangkurajo, M. Sukri.

Dalam pemaparannya, Pjs Kades mengaku anggaran DD ADD tahap III tahun 2023 yang dikelola oleh pemerintahannya terserap 100 persen dan telah terealisasi dengan baik.

“Alhamdulillah telah terserap dan terealisasi 100 persen,” ujar Pjs Kades.

Pjs Kades Mangkurajo, M Sukri

Dia juga menjelaskan, anggaran tahap III di desanya tidak ada yang dialokasikan untuk pembangunan fisik tapi lebih condong digunakan untuk pembayaran insentif dan pemberdayaan. Seperti, pembayaran insentif perangkat desa, insentif BPD, insentif guru TPA, insentif guru PAUD, penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai), pengadaan perlengkapan RPHB (Rombongan Pemburu Hama Babi), dan bantuan material RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

Selain itu, anggaran tahap III di desanya juga digunakan untuk pemberdayaan, seperti pelatihan perangkat desa, pelatihan BPD, pelatihan PPK, pelatihan Linmas, pelatihan PPA dan pelatihan kader posyandu serta makanan tambahan dan pengadaan perlengkapan di bidang kesehatan.

“Di tahap III ini kita tidak ada mengerjakan fisik tapi lebih banyak ke arah pemberdayaan,” tandasnya.

Monev

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Pjs Kades, tim monitoring yang dipimpin langsung oleh Camat Lebong Selatan, Karter Jaya, menuturkan, dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh pihaknya semua sudah sesuai seperti apa yang disampaikan oleh Pjs Kades, untuk itu menurut penilaian pihaknya anggaran tahap III tahun 2024 Desa Mangkurajo telah terserap 100 persen dan terealisasi dengan baik.

“Dari hasil pemeriksaan kita, semuanya sesuai seperti apa yang disampaikan oleh Pjs Kades, anggarannya telah terealisasi dan terserap 100 persen,” ujar Sekcam, Julianti, SE, saat dibincangi awak gobengkulu.com seusai kegiatan Monev. (Adv/Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *