/
/
headlineLebongpotret-desa

Serapan dan Realisasi Anggaran tahap III Desa Semelako I Dinilai Baik oleh Tim Monev

805
×

Serapan dan Realisasi Anggaran tahap III Desa Semelako I Dinilai Baik oleh Tim Monev

Sebarkan artikel ini
Monev Semelako I

GO BENGKULU, LEBONG – Tim dari Kecamatan Lebong Tengah, pada Rabu (3/1/2024) pagi menyambangi Desa Semelako I untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penggunaan anggaran tahun 2023 lalu. Kedatangan tim Monev dari kecamatan itu disambut langsung oleh Pjs Kepala Desa Semelako I, Wezi Nofitria, SE. Dalam pemaparannya, Pjs Kades mengaku anggaran DD ADD tahap III tahun 2023 di desanya telah terserap 100 persen dan terealisasi dengan baik. Anggaran tersebut diakuinya digunakan untuk pembayaran insentif perangkat desa, penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai), ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur sesuai yang tertera di APBDes.

“Alhamdulillah telah terserap dan terealisasi 100 persen,” sampainya.

Dia menjelaskan, bersumber dari DD tahap III pihaknya membangun infrastruktur berupa Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 227 meter dengan lebar 150 cm. JUT tersebut dibangun di Dusun III dengan anggaran sekitar Rp 89 juta. Selain JUT, pihaknya juga membangun irigasi sepanjang 83 meter dengan anggaran sekitar Rp 77 juta. Pembangunan irigasi tersebut diakuinya diambil dari dana tambahan yang dikucurkan pemerintah pusat tidak lama ini untuk penanganan El Nino.

“Waktu itu kami dapat dana tambahan dari pemerintah pusat sebesar 128 juta rupiah, dana tersebut sebagian kami gunakan untuk membangun irigasi di Dusun I,” terangnya.

Pjs Kepala Desa Semelako I, Wezi Nofitria, SE

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Pjs Kades, tim monitoring yang dipimpin langsung oleh Sekcam didampingi Kasi Pemerintahan itu langsung melakukan pengecekan, mulai dari administrasi hingga turun langsung ke lapangan untuk melihat fisik bangunan yang baru saja dikerjakan oleh pihak desa. Dari hasil pemeriksaan, tim monitoring berpendapat serapan dan realisasi anggaran DD ADD tahap III Pemdes Semelako I cukup baik. Apa yang disampaikan oleh Pjs Kades menurut tim monitoring sesuai seperti fakta yang ada di lapangan.

“Dari hasil pengecekan tim kita, hasilnya cukup baik mulai dari administrasi hingga fisiknya juga bagus. Semoga apa yang sudah dibangun ini tetap terpelihara dan bermanfaat untuk masyarakat,” sampai Kasi Pemerintahan, Halifa, saat dibincangi awak gobengkulu.com, Rabu siang. (Adv/Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *