/
/
headlineLebongpotret-desa

Dimonev Tim Kecamatan, Pengelolaan DD ADD Magelang Baru Dinilai Baik

913
×

Dimonev Tim Kecamatan, Pengelolaan DD ADD Magelang Baru Dinilai Baik

Sebarkan artikel ini

GO BENGKULU, LEBONG – Kamis (28/12/2023) pagi, terpantau tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kecamatan Lebong Sakti mendatangi Desa Magelang Baru. Kedatangan tim Monev ini kabarnya untuk melakukan evaluasi terhadap capaian serapan dan realisasi DD ADD tahap III tahun 2023. Tim yang dipimpin langsung oleh Camat Sabirin pagi itu disambut langsung oleh Pjs Kepala Desa Magelang baru, M Taufik Hidayat, SE bersama jajarannya.

Pada kesempatan itu Pjs Kepala memaparkan sekilas laporan terkait capaian serapan dan realisasi DD ADD di desanya. Menurut Pjs Kades, DD ADD tahap III di desanya telah terserap dan terealisasi 100 persen. Mulai dari pembayaran insentif perangkat desa, penyaluran BLT, ketahanan pangan, dan juga pembangunan infrastruktur.

“Alhamdulillah semua sudah terserap dan sudah terealisasi dengan baik,” sampainya.

Pjs Kades juga menjelaskan, untuk infrastruktur pihaknya membangun irigasi yang berlokasi di Dusun III sepanjang 100 meter. Irigasi sepanjang 100 meter itu diakuinya menyerap anggaran sekitar Rp 166 juta yang bersumber dari dana ketahanan pangan dan dana DD tambahan yang diperolehnya dari pemerintah pusat.

“Irigasi itu kita bangun dari dana ketahanan pangan senilai Rp 86 juta dan dari DD tambahan sekitar Rp 80 juta,” jelasnya.

Lanjut dia, selain untuk membiayai pembangunan irigasi DD tambahan senilai Rp 128 juta yang diterimanya dari pemerintah pusat itu juga digunakan untuk pengadaan saluran air bersih atau PAM desa yang dialiri ke Dusun II dan Dusun III.

“Kita juga ada membuat PAM desa dengan harapan masyarakat kita tidak lagi kesulitan air bersih,” tandasnya.

Dari pemaparan panjang yang disampaikan oleh Pjs kepala desa itu, tim Monev langsung melakukan pengecekan administrasi hingga turun ke lapangan untuk pengecekan fisik infrastruktur berupa irigasi dan PAM desa. Setelah melakukan pengecekan tim Monev menilai apa yang disampaikan oleh Pjs kepala desa pada kesempatan itu sudah sesuai dengan fakta yang ada, baik secara administrasi maupun kondisi fisik infrastruktur yang dinilai cukup baik.

“Dari hasil pengecekan tim kita, kita nilai hasilnya cukup baik dan sesuai seperti apa yang disampaikan Pjs Kades tadi,” kata camat.

Pada kesempatan itu camat kembali mengimbau agar Pemdes selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan apa yang sudah dibangun dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Tetap utamakan kepentingan masyarakat, semoga apa yang sudah dibangun ini bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya. (Pls/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *