/
/
headlineLebongpotret-desa

Monev Akhir Tahun, Serapan DD/ADD Suka Damai Dinilai Baik

803
×

Monev Akhir Tahun, Serapan DD/ADD Suka Damai Dinilai Baik

Sebarkan artikel ini
Monev di Desa Suka Damai

GO BENGKULU, LEBONG – Rabu (27/12/2023), tim monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, berkunjung ke Desa Suka Damai untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait serapan dan realisasi DD/ADD (Dana Desa/Alokasi Dana Desa) tahap III tahun anggaran 2023.

Pada kesempatan itu Pjs Kepala Desa Gunawan Gustari, SE memaparkan, pengelolaan DD dan ADD tahap lll di desanya telah terserap 100 persen dan menurutnya telah sesuai dengan aturan dan perencanaan yang tertuang di dalam APBDes. Diantaranya penyaluran insentif perangkat desa, penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan realisasi dana tambahan dari pemerintah pusat untuk penanganan El Nino.

“Dana tambahan dari pusat itu ada yang kami gunakan untuk membangun irigasi, ada juga pengadaan tedmond (Tangki Air) sebanyak 3 unit, kemudian pengadaan mesin sedot air dan baju satgas El Nino serta sosialisasi,” paparnya.

Pjs Kepala Desa Suka Damai, Gunawan Gustari

Dia menjelaskan, irigasi yang dibangunnya itu menelan anggaran sekitar Rp 150 juta, dengan rincian Rp 115 juta berasal dari DD dan Rp 35 juta diambil dari DD tambahan (Dana El Nino).

“Irigasi kita bangun di Dusun III sepanjang 183 meter, Rp 115 juta dari DD dan Rp 35 juta dari DD tambahan,” terangnya.

Setelah mendengar pemaparan dari Pjs Kades, tim Monev langsung melakukan pengecekan administrasi dan pengecekan fisik. Dari hasil pengecekan tim Monev berpendapat apa yang dipaparkan oleh Pjs kepala desa sesuai dengan fakta yang ditemukan oleh pihaknya dengan hasil yang cukup baik.

“Dari hasil pengecekan kita tampaknya sesuai seperti apa yang disampaikan oleh Pjs Kades, semoga semuanya benar dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Camat Lebong Tengah, Indra Istiawan, SKM, melalui Kepala Seksi Pemerintahan, Halifa.

Tampak hadir pada kegiatan Monev yang digelar hari itu, Kapolsek Lebong Tengah, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, BPD dan tokoh masyarakat setempat. (Pls/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *