/
/
headlineLebongpotret-desa

Persiapkan RKPDes TA 2024, Pemdes Pagar Agung Libatkan Masyarakat

592
×

Persiapkan RKPDes TA 2024, Pemdes Pagar Agung Libatkan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Musyawarah RKPDes

GO BENGKULU.COM – Mempersiapkan program kerja tahun anggaran 2024, Senin (4/9/2023) pagi, Pemerintah Desa Pagar Agung, Kecamatan Lebong Tengah, menyelenggarakan musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), bertempat di balai desa setempat.

Pada kesempatan itu tampak perwakilan masyarakat dari masing-masing dusun (Dusun I, II dan III) berperan aktif menyampaikan aspirasi kepada pemerintah desa dengan harapan dapat direalisasikan di tahun anggaran 2024 mendatang. Sebagian besar masyarakat menyampaikan usulan pembangunan di bidang infrastruktur, mulai dari irigasi, JUT (Jalan Usaha Tani), SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) dan berbagai infrastruktur lainnya.

Kades Pagar Agung
Kades Pagar Agung, Apriyudi

Kepala Desa Pagar Agung, Apryudi, ketika dibincangi awak gobengkulu.com, menyampaikan, ada berbagai usulan yang disampaikan masyarakat. Namun, dari sekian banyak usulan itu akan dipilih beberapa item yang dinilai urgent dan masuk skala prioritas.

“Kalau usulan sih banyak, tapi nanti akan kita pilah mana yang masuk dalam skala prioritas dan mana yang masih bisa kita tunda,” kata Kades.

Dia menjelaskan, pembangunan itu tidak serta merta hanya terfokus pada infrastruktur saja tapi juga pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia). Seperti di desanya, di tahun 2024 mendatang sedikitnya ada sekitar 7 yang akan menjadi skala prioritas meliputi, optimalisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional, pencegahan narkoba, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan padat karya tunai, penanggulangan TBC, percepatan penurunan stunting, dana operasional pemerintah desa dan ketahanan pangan.

“Prioritas kita ini sejalan dengan program nasional sesuai dengan mandat dan arahan presiden,” imbuhnya

Dia juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak berkecil hati seandainya ada usulan yang belum bisa direalisasi di 1 tahun anggaran di tahun 2024 mendatang. Karena untuk mewujudkan itu semua tidak lepas dari ketersediaan anggaran.

“Semua usulan kita tampung, jika ada yang belum bisa kita realisasikan di satu tahun anggaran, maka akan kita akan usahakan di tahun anggaran berikutnya,” tandas Kades. (Pls/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *