/
/
headlineLebong

65 Hektar Sawah di Desa Talang Ulu Turun MT-II

819
×

65 Hektar Sawah di Desa Talang Ulu Turun MT-II

Sebarkan artikel ini
MT-II Talang Ulu

GO BENGKULU, LEBONG – Sedikitnya terdapat sekitar 65 hektar lahan sawah di Desa Talang Ulu, Kecamatan Lebong Utara, ikut program MT-II (Musim Tanam ke-II) tahun 2023. Pjs Kepala Desa setempat, Haidir Sawaludin menceritakan, warganya begitu antusias untuk mengikuti program MT-II yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Lebong itu. Terbukti dari 75 hektar hamparan sawah yang cuma 10 hektar saja yang tidak ikut, itupun karena memang kondisi sawahnya yang tidak memungkinkan. Kata dia, para petani di desanya sadar betul MT-II dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, selain itu MT-II juga sebagai dukungan nyata masyarakat terhadap pemerintah dalam meningkatkan indeks pertanaman (IP) sebagai upaya peningkatan produksi untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

“Total sawah ada sekitar 75 hektar, yang ikut MT-II sekitar 65 hektar,” ujarnya.

MT-II Talang Ulu

Guna membakar semangat para petani, terpantau hari ini unsur pemerintahan Kabupaten Lebong yang dikomandoi langsung oleh Bupati Kopli Ansori, turun langsung ke lokasi persawahan di Desa Talang Ulu untuk melakukan launching tanam MT-II tahun 2023. Dalam sambutannya bupati menyerukan semangat kepada para petani agar tidak ragu mengikuti MT-II. Bupati pun berupaya meyakinkan para petani bahwa pemerintah tidak akan tinggal diam untuk menyukseskan MT-II hingga panen.

“Jangan ragu ikut MT-II kami dari pemerintah daerah siap turun bersama-sama untuk mengatasi jika terdapat kendala,” kata bupati.

MT-II Talang Ulu

Lanjut bupati, tidak ada usaha yang tidak ada kendala, namun demikian bupati juga menyebut tidak ada kendala yang tidak ada solusi. Menurut bupati, kendala terberat yang ditemui selama ini adalah merubah mindset masyarakat. Kemudian merubah prilaku malas yang sudah tertanam selama ini akibat terlena dengan hasil yang banyak dengan kebutuhan yang masih sedikit, sementara kondisinya sudah berbeda. Bupati juga menceritakan, jika dulu dalam satu KK (Kepala Keluarga) bisa menghasilkan padi 100 karung bahkan ada yang 200 karung dalam setahun karena sawah orang dulu masih luas tambah lagi kebutuhan belum begitu banyak. Sementara sekarang sawah sudah tidak seluas dulu karena sudah dibagi-bagi dan ada juga yang sudah alih fungsi, artinya hasil pasti berkurang sementara kebutuhan zaman sekarang sudah sangat tinggi.

MT-II Talang Ulu
Pjs Kepala Desa Talang Ulu, Haidir Sawaludin

“Jika kita tidak merubah pola pikir dan pola hidup otomatis kita akan terpuruk dalam kemiskinan, salah satu upaya nyata yang bisa kita lakukan adalah memberdayakan aset yang ada, yaitu sawah,” terangnya.

Selain bupati pada acara launching MT-II di Desa Talang Ulu hari itu juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Lebong Carles Ronsen, Kajari Arief Indra Kusuma Adhi, SH., M.Hum, dan Kapolres AKBP Awilzan SIK. Tampak pula Ketua Komisi III Rama Chandra, SH, serta segenap pejabat eselon di lingkup Pemerintah Kabupaten Lebong. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *