/
/
headlinehukum-peristiwaLebong

Ditinggal ke Kebun, Rumah Warga Sukadamai Ludes Terbakar

2378
×

Ditinggal ke Kebun, Rumah Warga Sukadamai Ludes Terbakar

Sebarkan artikel ini
Kebakaran di Lebong

GO BENGKULU, LEBONG – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Lebong, tepatnya di Desa Sukadamai, Kecamatan Lebong Tengah, pada Sabtu (24/6/2023) sore, sekitar pukul 15.40 WIB. Korbannya diketahui bernama Toden Saprin (55) yang kesehariannya berprofesi sebagai petani.

Informasi terhimpun, kebakaran tersebut terjadi pada saat rumah korban dalam keadaan kosong ditinggal ke kebun oleh pemiliknya. Api pertama dilihat oleh anak korban, Ceni, saat dirinya ingin masuk rumah. Saat membuka pintu, dia melihat ada kepulan asp dan api sudah berkobar di dalam rumah, sontak saja dia langsung menjerit meminta bantuan warga sekitar.

Mengetahui kejadian tersebut, warga secara bergotong-royong berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya hingga kemudian tiba 2 unit mobil pemadam kebakaran. Tapi malang, api sudah terlanjur membesar hingga sulit dipadamkan. Akibatnya, seisi rumah korban tak terselamatkan termasuk satu unit sepeda motor milik korban ikut terbakar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Lebong, Andrian Aristiawan, SH, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, pihaknya mendapat kabar sekitar pukul 16.50 WIB. Mendapat kabar tersebut, pihaknya langsung menurunkan tim dengan 2 unit mobil pemadam kebakaran. Setiba di lokasi api sudah membesar sehingga butuh waktu untuk memadamkannya. Setelah berjuang sekira 1 jam api baru dapat dijinakkan dengan bantuan masyarakat secara bergotong royong termasuk juga anggota TNI dan Polri yang saat itu juga turun langsung ke lokasi.

“Saat ini anggota kita masih siaga di lapangan dan masih melakukan pendinginan terhadap puing-puing bekas kebakaran,” ujar Andrian.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Hanya saja, hampir seluruh barang milik korban yang ada di dalam rumah tak terselamatkan. Menurut pengakuan korban, selain perabotan rumah tangga, di dalam rumah juga terdapat beras 5 karung, surat-surat berharga dan juga sepeda motor ikut terbakar, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Hingga saat ini belum diketahui persis penyebab kebakaran, dugaan sementara api berasal dari percikan api listrik.

“Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai seratus juta lebih,” sampainya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pjs Kepala Desa Sukadamai, Gunawan, akibat kejadian tersebut seisi rumah korban tidak terselamatkan, sementara bangunan rumah masih berdiri tegak tapi hampir 70 persen rusak berat.

“Barang-barang seisi rumah semuanya habis terbakar, Kalau bangunan rumah tidak habis tapi hampir 70 persen rusak,” tuturnya. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *