/
/
headlineLebongpotret-desa

Serapan Anggaran 100 Persen, Pupuk Masih dalam Perjalanan

304
×

Serapan Anggaran 100 Persen, Pupuk Masih dalam Perjalanan

Sebarkan artikel ini
Monev di Desa Pelabuhan Talang Liak,

GO BENGKULU, LEBONG – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong, menyambangi Desa Pelabuhan Talang Liak untuk melakukan pemeriksaan terhadap realisasi DD ADD (Dana Desa / Alokasi Dana Desa) tahap I tahun anggaran 2023, Selasa (20/6/2023). Di depan tim Monev, Pjs Kepala Desa, Redo Fernando, memaparkan terkait progress dan realisasi serapan anggaran di desanya. Disampaikan Redo, DD ADD tahap I di desanya telah terserap 100 persen. Anggaran tersebut direalisasikan untuk pembayaran insentif perangkat, penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai), dan untuk ketahanan pangan. Insentif perangkat diakuinya telah terealisasi 100 persen, begitu pun BLT untuk 3 bulan pertama juga telah disalurkan 100 persen. Selain itu, lanjut Redo, untuk ketahanan pangan pihaknya menggunakan untuk pengadaan pupuk yang nantinya akan disalurkan kepada petani MT-II.

“Semuanya sudah terserap 100 persen, untuk realisasi juga sudah 100 persen hanya pupuk yang masih dalam perjalanan karena belinya dari luar,” sampai Pjs Kades.

Dari pemaparan panjang yang disampaikan oleh Pjs Kades itu, pihak kecamatan pun langsung melakukan pemeriksaan terhadap administrasi-administrasi yang berkaitan dengan kegiatan yang bersumber dari DD ADD tahap I.  Dari hasil pemeriksaan, menurut tim Monev semuanya sesuai seperti apa yang disampaikan oleh Pjs Kades. Terkait pupuk yang diakui oleh Pjs Kades masih dalam perjalanan, tim Monev meminta kepada Pemerintah Desa agar melaporkan kembali kepada pihak kecamatan jika sudah tiba nanti.

Cek bibit di Desa Pelabuhan Talang Liak
Tim Monev kecamatan cek persiapan MT-II

“Dari administrasi yang kita cek semuanya sesuai. Untuk pupuk kami minta jika sudah sampai nanti tolong laporkan lagi ke kami,” ujar camat Bingin Kuning, Meika Rizka seusai pihaknya melakukan pemeriksaan.

Selanjutnya, camat juga meminta kepada Pemdes Pelabuhan Talang Liak agar segera menyiapkan berkas untuk pengajuan tahap II. Dia mengimbau agar pengusulan tahap II jangan ditunda-tunda agar serapan dan realisasi anggaran pun cepat.

“Jangan ditunda-tunda, segera siapkan untuk pengajuan tahap II agar serapan dan realisasi juga tidak tertunda,” tandasnya.

Tampak hadir pada kegiatan Monev Desa Pelabuhan Talang Liak hari ini, Camat Bingin kuning Meika Rizka.S.Si, Sekcam Bingin kuning Rika, Babinsa Supriyadi, Bhabinkamtibmas Zulkifli, Pendamping Desa Darmi, Pendamping Lokal Desa Indera, beserta tim Monev lainnya dari kecamatan. Selain itu hadir pula BPD Desa Pelabuhan Talang Liak, perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. (Pls/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *