/
/
headlineLebong

Hujan Sore, Lebong Banjir Lagi

202
×

Hujan Sore, Lebong Banjir Lagi

Sebarkan artikel ini
Banjir di Lebong

GO BENGKULU, LEBONG – Hujan deras yang mengguyuri wilayah Kabupaten Lebong pada Minggu (26/3/2023), mengakibatkan sejumlah rumah terendam. Hujan deras yang berlangsung sekitar 2 jam sejak pukul 16.00 WIB itu berhasil merendam sejumlah rumah warga Desa Kampung Muara Aman, Desa Kampung Dalam dan Desa Nangai Amen. Kendati tidak berlangsung lama, tapi luapan air sempat menggenangi rumah warga hingga pinggang orang dewasa.

“Ini sudah langganan, setiap turun hujan agak lama pasti Air Amen dan Air Kotok meluap, tapi biasanya tidak lama surut lagi,” ujar Ade salah satu warga Desa Kampung Muara Aman.

Menurutnya, selalu meluapnya Sungai Air Kotok dan Sungai Amen itu dikarenakan alur sungai sudah mendangkal sehingga tidak kuat menampung debit air hujan dan air kiriman dari hulu. Dia juga menuturkan, warga sekitar yang selalu menjadi korban banjir sebenarnya tidak kaget lagi dengan luapan air yang selalu terjadi setiap hujan deras karena memang sudah langganan. Seharusnya, Pemerintah Daerah tanggap dan melakukan upaya konkret untuk memberi solusi atas permasalahan yang selalu timbul setiap turun hujan itu.

“Solusi banjir itu bukannya membagikan Indomi atau Sembako kepada warga terdampak, tapi lakukan upaya pencegahan, salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai,” cetusnya.

Pantauan di lapangan, selepas Magrib air mulai surut namun masih ada sebagian rumah warga yang masih terendam. Tampak warga mulai membersihkan rumah mereka dan bersiaga jika terjadi hujan susulan. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *