/
/
headlineLebong

Terima Hibah Rp 16 Miliar, BPBD Lebong Bangun Pelapis Sungai

255
×

Terima Hibah Rp 16 Miliar, BPBD Lebong Bangun Pelapis Sungai

Sebarkan artikel ini
hibah BNPB Rp 16 miliar
Kepala Pelaksana BPBD Lebong, A Tantomi

GO BENGKULU, LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tahun ini berencana membangun pelapis dinding sungai atau yang dikenal dengan istilah turap. Turap itu nanti rencananya akan dibangun di Sungai Air Kotok, Desa Pyang Mbik, Kecamatan Amen.

Seperti yang diutarakan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lebong, A Tantomi, saat dibincangi awak gobengkulu.com, di ruang kerjanya, Kamis (19/1/2023) sore. Dia menceritakan, tahun ini pihaknya menerima dana hibah dari BNPB senilai Rp 16 miliar. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun fasilitas penunjang di lokasi yang dinilai rawan bencana. Salah satunya adalah membangun pelapis dinding sungai Air Kotok di Desa Pyang Mbik, Kecamatan Amen.

“Kita akan melanjutkan pelapis yang sudah ada di Desa Nangai Tayau itu ke arah Desa Pyang Mbik mungkin panjangnya sekitar 800 meter,” ujarnya.

Selain pelapis dinding sungai dengan uang Rp 16 miliar itu Tomi juga mengaku akan membangun jembatan beton menuju desa Gunung Alam. Di lokasi tersebut, jelas Tomi, jembatannya sudah ada tapi masih sering terendam saat air sungai sedang naik.

“Jembatannya yang ada itu nanti akan kita tinggikan lagi agar tidak lagi terendam kalo air naik,” jelasnya.

Tomi kembali menjelaskan, dana Rp 16 miliar itu bersumber dari hibah BPNB. Sebelumnya Pemkab Lebong pernah mengusulkan ke BNPB untuk dibantu dana hibah sebesar Rp 49 miliar. Tapi, yang bisa diakomodir tahun ini hanya sebesar Rp 16 miliar saja. Uang Rp 16 miliar itu akan segera direalisasikan secepatnya, saat ini diakui Tomi pihaknya masih menunggu DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran).

“Jika DIPA sudah keluar maka secepatnya akan segera kita realisasikan,” tandasnya. (YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *