/
/
headlineLebong

Ramai, 919 Calon PPS Ikuti Tes Wawancara

255
×

Ramai, 919 Calon PPS Ikuti Tes Wawancara

Sebarkan artikel ini
tes wawancara PPS
Ketua KPU Lebong, Salahudin Al Khidir, sedang mewancarai peserta calon PPS

GO BENGKULU, LEBONG – Sebanyak 919 orang calon PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang dinyatakan lulus tes CAT yang digelar beberapa waktu lalu mengikuti tes wawancara di kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lebong. 919 orang itu dibagi menjadi 3 grup yang dimulai sejak Minggu (15/1/2023) kemarin. Pada hari pertama diikuti sebanyak 360 orang, kemudian di hari kedua juga 360 orang, sisanya dijadwalkan Selasa (17/1/2023) besok.

Para calon PPS ini diwawancara langsung oleh komisioner KPU termasuk juga Ketua KPU, Salahudin Al Khidir, SE. Dibincangi awak gobengkulu.com, pria yang akrab disapa Khidir ini menceritakan, tes wawancara sudah dimulai sejak kemarin. Pada hari pertama diikuti sebanyak 360 orang yang kemudian dibagi menjadi 12 session dengan masing-masing session diikuti sebanyak 6 orang. Di hari ke dua polanya masih sama dengan hari pertama, sementara sisanya akan dilanjut Selasa besok.

“Kita sudah mulai dari kemarin, ini hari kedua, dan terakhir besok,” terangnya, Senin (16/1/2023) siang.

Lanjut Khidir, wawancara adalah tahapan seleksi terakhir untuk menentukan siapa saja yang akan dinyatakan lulus menjadi PPS di desanya masing-masing. Wawancara yang digelar itu untuk mengukur sejauh mana keseriusan mereka untuk menyukseskan Pemilu dan juga untuk menggali sejauh mana wawasan mereka dengan hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu. Dari sekian banyak peserta yang mengikuti tes, Khidir menilai masih banyak peserta yang wawasannya masih sangat minim tentang Pemilu. Namun demikian, itu bukanlah satu-satunya indikator yang menentukan kelulusan tapi juga masih banyak indikator lain yang tidak kalah pentingnya.

“Yang kita wawancara itu terkait dengan Komitmen, integritas, loyalitas dan visi misi dan wawasan mereka terkait hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu,” jelasnya.

Jelasnya lagi, sebagian besar dari peserta adalah anak-anak yang baru saja menyelesaikan pendidikan, ada yang baru lulus SMA, ada juga yang baru selesai kuliah, bahkan ada pula yang memang sudah berpengalaman menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu sebelumnya.

“Initinya kita ingin mencari yang terbaik untuk menyukseskan Pemilu nanti, siapa pun itu nanti yang pasti harus siap mendukung dan menyukseskan Pemilu,” tandasnya.

Ditanya kapan hasil dari seleksi wawancara itu akan diumumkan, Khidir menyebut jika tidak ada halangan kelulusan akan diumumkan pada Rabu, 18 Januari dan pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari mendatang.

“Kita akan ambil 6 besar, dari 6 orang itu 3 akan dilantik menjadi PPS, sementara 3 lagi cadangan jika terjadi PAW (Pergantian Antar Waktu),” tandasnya. (YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *