/
/
headlineLebong

LPM Mubai, 8 Tahun Tak Pernah Berganti

407
×

LPM Mubai, 8 Tahun Tak Pernah Berganti

Sebarkan artikel ini
LPM
Lurah Mubai, Linda Barara, SE

GO BENGKULU, LEBONG – Anggota pengurusan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Mubai, Kecamatan Lebong Selatan kabarnya bakal dirombak. Itupun diinisiasi langsung oleh Lurah setempat, Linda Barara, SE. Dibincangi awak gobengkulu.com, Senin (16/1/2023) siang, Linda menyebut LPM yang ada di kelurahan yang dia pimpin itu sudah menjabat sangat lama, yakni, sudah hampir 8 tahun. Dalam rentang waktu 8 tahun itu diakui Linda tidak pernah dilakukan pemilihan ulang atau pun pembaruan keanggotaan.

“Mereka (LPM, red) ini sudah menjabat sangat lama, sudah 8 tahun tidak pernah diganti dan tidak pernah dilakukan pemilihan ulang,” ujarnya.

Sebab itu, lanjut Linda, untuk penyegaran dan wujud demokrasi, dirinya menginisiasi untuk dilakukan pemilihan anggota baru. Pencalonan anggota baru itupun diakuinya tidak ditentukan batasan ruang, siapa pun berhak mencalonkan diri termasuk anggota LPM yang lama.

“Kita hanya melakukan pemilihan ulang, siapa pun itu orangnya terserah, bisa orang baru bisa juga orang lama yang kembali ikut mencalonkan diri,” imbuhnya.

Metode pemilihannya, terang Linda lagi, suara masyarakat akan diwakili saja, perwakilan mulai dari pak RT, RW, perangkat agama, kutai dan seluruh perangkat yang terlibat dalam wilayah Kelurahan.

“Pemilihan suara akan diwakilkan saja, mulai dari pak RT, RW, perangkat agama, kutai dan pengurus lainnya,” terang Linda.

Lebih jauh Linda menjelaskan, LPM itu adalah salah satu Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat. LPM merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat. Untuk di Kelurahannya sendiri diakui Linda anggota LPM berjumlah 5 orang.

“Sejauh ini baru ada 3 pendaftar, 2 diantaranya anggota LPM lama. Kita masih tunggu calon berikutnya,” tandas Linda. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *