/
/
headlineLebongpotret-desa

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Pemdes Karang Dapo Bawah Gelar Pelatihan

813
×

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Pemdes Karang Dapo Bawah Gelar Pelatihan

Sebarkan artikel ini
ketahanan pangan

GO BENGKULU, LEBONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Dapo Bawah, Kecamatan Bingin Kuning, menggelar pelatihan dan penyuluhan terkait program ketahanan pangan yang merupakan salah satu program pemerintah untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan pangan masyarakat desa, Selasa (27/12/2022).

Dibincangi seusai acara, Kepala Desa Karang Dapo Bawah, M Aksa, melalui Sekretaris Desa, Sandi, menuturkan, beberapa tahun terakhir dunia dilanda musibah besar yaitu wabah Covid-19 yang begitu dahsyat yang begitu berdampak pada kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia. Bahkan dampaknya pun masih dirasakan hingga saat ini, seperti dampak sosial, ekonomi dan dampak lainnya.

“Kita saat ini mulai berbenah dan bangkit dari keterpurukan, Salah satunya melalui program ketahanan pangan yang disematkan pada 20 persen dana desa,” kata Sekdes.

Lanjut Sekdes, tujuannya tidak lain, agar dapat meningkatkan ketersediaan pangan baik dari hasil produksi masyarakat desa maupun dari lumbung pangan desa. Selain itu, agar meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman, serta berbasis pada potensi sumber daya lokal.

Untuk itu, agar program tersebut tidak sia-sia, dia meminta dan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mendukung program tersebut dan serius dalam menjalankannya. Terpenting adalah, keseriusan dan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap program yang sedang digalakkan sesuai dengan potensi yang ada di desa. Di desanya sendiri, Sandi menyebut fokus pada 2 item yaitu, tanam jagung dan sawi.

“Itulah tujuan kita mengadakan pelatihan dan penyuluhan ini, untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat terhadap tanaman jagung dan sawi agar program ketahanan pangan kita ini bisa berjalan dengan baik dan berkesinambungan,” tandasnya. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *