/
/
headlineLebongpotret-desa

Tahun Ini, Kades Pagar Agung Bangun JUT dan Irigasi

358
×

Tahun Ini, Kades Pagar Agung Bangun JUT dan Irigasi

Sebarkan artikel ini
Kades Pagar Agung
Kepala Desa Pagar Agung, Apriyudi

GO BENGKULU, LEBONG – Bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022, Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Agung, Kecamatan Lebong Tengah, akan merealisasikan 2 fisik pembangunan yang dianggap menjadi skala prioritas di desanya. 2 bangunan tersebut terdiri dari JUT (Jalan Usaha Tani) dan Irigasi. Untuk pembangunan JUT pihak desa telah menganggarkan sekitar Rp 88 juta, sementara untuk pembangunan irigasi disiapkan anggaran sekitar Rp 120 juta.

Kepala Desa Pagar Agung, Apriyudi, kepada gobengkulu.com, mengatakan, untuk pembangunan JUT telah dituntaskan dari anggaran DD tahap I. JUT sepanjang 114 meter dengan lebar 3 meter itu dibangun di Dusun II di desanya. Sementara untuk pembangunan irigasi, Kades menyebut akan direalisasikan beberapa bulan ke depan menunggu pencairan DD tahap III. Irigasi itu nanti rencananya akan dibangun di Dusun III sepanjang 110 meter.

“DD tahap II ini kita baru mengumpulkan materialnya saja, sementara pelaksanaan pembangunannya akan dimulai di pencairan DD tahap III nanti,” ujar Kades, Jumat (2/9/2022).

Kades menambahkan, 2 pembangunan fisik yang terdiri dari JUT dan irigasi itu merupakan usulan dari masyarakat pada saat Musdes sebelum APBDes disahkan beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil musyawarah, dari sekian banyak usulan masyarakat yang disampaikan pada saat Musdes, pihaknya memprioritaskan JUT dan Irigasi karena menurutnya 2 item tersebut menurutnya kebutuhan yang paling mendesak di desanya. Dengan dibangunnya JUT, Apriyudi berkeyakinan akan menambah nilai ekonomis hasil pertanian warga karena secara otomatis akan menekan biaya angkut hasil panen. Lebih dari itu akan mempermudah akses para petani menuju areal persawahan mereka. Sementara, lanjut Kades, irigasi juga tidak kalah penting karena merupakan penunjang utama untuk pertanian. Dengan sistem irigasi yang baik, diharapkan sawah para petani tidak akan kesulitan air.

“Doakan saja semua berjalan lancar dan tidak ada halangan apa pun, semoga 2 bangunan fisik itu nanti akan bermanfaat untuk kemajuan masyarakat desa,” tandasnya. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *