Pemdes Suro Ilir Melaksanakan Kegiatan Titik Nol

0
317
titik nol desa suro ilir

GO BENGKULU, KEPAHIANG – Senin (31/5/2022), Pemerintah Desa (Pemdes) Suro Ilir, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang, menggelar kegiatan pelaksanaan titik nol kegiatan pembangunan infrastruktur tahun anggaran 2022. Dibincangi awak gobengkulu.com, Kepala Desa (Kades) Suro Ilir, Herdiyanto, mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah desa, disepakati tahun ini dengan bersumber dari Dana Desa (DD) akan dibangun pelapis tebing di TPU desanya. Pembangunan tersebut dianggap prioritas karena kondisi tanah TPU beberapa waktu lalu sudah turun dan dikhawatirkan jika tidak segera diperkuat dengan pelapis tebing maka TPU akan terbis.

“Iya tahun ini kita akan utamakan untuk membangun pelapis tebing, karena beberapa waktu lalu tanah TPU kita itu sudah amblas,” kata Kades.

Dia menambahkan, ditahun ini mungkin dari sumber DD hanya bisa membangun pelapis tebing. Jika ditanya kebutuhan, lanjut Kades, tentunya masih banyak kebutuhan dan usulan-usulan masyarakat terkait pembangunan infrastruktur, tapi karena keterbatasan anggaran sehingga hanya sanggup membangun 1 item pekerjaan saja.

“Mungkin di tahun ini hanya itu yang bisa kita bangun karena keterbatasan anggaran,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, di tahun anggaran 2022 ini hanya 32 persen Dana Desa yang dimungkinkan untuk dibelanjakan sesuai kebutuhan, selebihnya sudah ditentukan peruntukannya dan tidak bisa diganggu gugat. Seperti, 40 persen wajib untuk BLT DD, 20 persen untuk ketahanan pangan, dan 8 persen untuk penanganan Covid-19, sisanya barulah bisa dibelanjakan untuk fisik atau yang lainnya.

“Semoga saja yang belum sempat kita bangun tahun ini akan kita upayakan di tahun anggaran selanjutnya, yang pasti kita tetap mengedepankan skala prioritas dan kemampuan keuangan daerah,” tandasnya.

Terpantau di lokasi, pelaksanaan kegiatan titik nol berjalan lancar. Kegiatan juga dihadiri Kapolsek Ujan Mas, perwakilan dari Kecamatan Ujan Mas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, pendamping desa, dan tokoh masyarakat setempat. (OJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here