/
/
headlineLebong

Wereng, Disperkan Lakukan Pengendalian Massal

1166
×

Wereng, Disperkan Lakukan Pengendalian Massal

Sebarkan artikel ini
Pengendalian Massal

GO BENGKULU, LEBONG – Menindaklanjuti keluhan masyarakat Desa Turan Tiging, Kecamatan Lebong Selatan, terkait tanaman padi warga setempat yang diserang hama walang sangit alias wereng, Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong langsung merespons dan melakukan tindakan penanganan untuk mengantisipasi sebaran hama yang lebih luas lagi.

Tampak pada Selasa (18/5/2022) siang, Kepala Disperkan Lebong, Hedi Parindo dan Wakil Bupati Lebong, Fahrurrozi, bersama rombongan mendatangi lokasi persawahan di Desa Turan Tiging untuk melakukan pengendalian massal dengan melakukan penyemprotan insektisida ke tanaman padi yang terserang hama.

Dibincangi awak gobengkulu.com, Hedi menuturkan, untuk tahap awal hanya dilakukan penyemprotan insektisida ke seluruh tanaman padi yang terserang hama. Dengan penyemprotan tersebut diharapkan dapat membasmi hama walang sangit agar tidak menyebar lebih luas lagi.

“Ini baru tahap awal, harapan kita dengan penyemprotan insektisida ini hama walang sangit atau yang sering kita kenal dengan istilah wereng ini segera teratasi,” ujarnya.

Selanjutnya, jelas Hedi, pihaknya akan terus memantau perkembangan tanaman padi yang sudah disemprot insektisida itu, apakah ada perbaikan atau sebaliknya, barulah kemudian pihaknya akan menentukan langkah selanjutnya.

“Nanti akan kita pantau terus perkembangannya seperti apa dan kami harap PPL yang bertugas termasuk Kades dapat lebih intens berkoordinasi dengan dinas jika ada kendala di lapangan agar dapat dilakukan penanganan sejak dari dini,” tambahnya.

Terkait keluhan warga yang menyebut kinerja PPL di wilayahnya kurang maksimal, itu pun langsung direspons olehnya. Hedi memastikan PPL yang dikeluhkan oleh warga selama ini telah diganti dengan PPL yang baru. Hedi kembali menegaskan, PPL yang ditugaskan di lapangan harus lebih intens berkomunikasi dengan masyarakat petani dan berbagi ilmu. Jika ada kendala, Hedi pun meminta agar PPL segera koordinasi dengan pihak dinas (Pertanian, red) untuk dicarikan solusinya.

“PPL yang bertugas di sini sudah kita ganti, saya minta PPL yang baru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” tuturnya. (Pls)

Baca juga: Diserang Hama Walang Sangit, Petani Keluhkan Kinerja PPL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *