/
/
headlineLebong

Bersumber Dari Sumbangan Perusahaan, Warga Lebong Selatan Bangun Plat Duicker

135
×

Bersumber Dari Sumbangan Perusahaan, Warga Lebong Selatan Bangun Plat Duicker

Sebarkan artikel ini
Pembangunan Plat Duicker

GO BENGKULU, LEBONG – Menjadi langganan banjir di setiap turun hujan, warga Kecamatan Lebong Selatan, yang terdiri dari Kelurahan Tes dan Kelurahan Taba Anyar, berinisiatif untuk membangun plat duicker di titik-titik lokasi yang dianggap menjadi pemicu banjir.

Dibincangi awak gobengkulu,com, Camat Lebong Selatan, Pendi, SE, melalui Sekcam, Julianty, mengatakan, pembangunan plat duicker tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat agar terbebas dari banjir. Dia menyampaikan, plat duicker akan dibangun di 3 titik lokasi. Pertama dibangun membujur memotong badan jalan yang terletak di depan Kantor BRI Kelurahan Tes. Plat duicker tersebut fungsinya untuk membagi saluran air agar kedua drainase yang berada di sisi jalan sama-sama berfungsi dengan baik. Kemudian plat duicker juga dibangun di jalan menuju kantor Kelurahan Taba Anyar dan juga di jalan menuju SMAN 2 Lebong.

“3 titik lokasi tersebut selama ini dinilai menjadi pemicu sering terjadinya banjir di setiap turun hujan karena aliran air tidak lancar dan sering tersumbat,” jelasnya, Selasa (15/2/2022).

Ditanyai terkait sumber anggaran pembangunan tersebut, Julianty, SE mengaku memperoleh anggaran dari sumbangan beberapa perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Lebong Selatan. Kata Julianty, SE, upaya tersebut dilakukan karena anggaran dari APBD tahun ini belum ada untuk titik-titik lokasi yang dibutuhkan itu sementara banjir selalu datang di saat turun hujan.

“Kami ajukan proposal ke perusahaan-perusahaan, mulai dari PGE, BRI, BPD, PT Indo dan PLTA, Alahamdulillah mereka bersedia membantu,” tuturnya.

Namun, upaya tersebut diakuinya juga diketahui oleh pemerintah daerah, bahkan dia menyebut orang teknis dari Dinas PUPR pun ikut andil dalam pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk kebutuhan pembangunan plat duicker tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, bahkan pada saat musyawarah di kantor camat beberapa waktu lalu wakil bupati juga hadir, termasuk orang dari Dinas PUPR kami minta bantu untuk membuat RAB,” tandasnya. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *