/
/
headlinehukum-peristiwaLebongpotret-desa

Lewat Tahun, Kegiatan Fisik Desa Manai Blau Menyisakan PR

237
×

Lewat Tahun, Kegiatan Fisik Desa Manai Blau Menyisakan PR

Sebarkan artikel ini
Manai Blau

GO BENGKULU, LEBONG – Kendati sudah masuk tahun anggaran baru 2022, tapi masih ada desa di Kabupaten Lebong yang belum menuntaskan pekerjaan fisik yang dibangun dari anggaran tahun 2021 lalu. Seperti yang terjadi di Desa Manai Blau, Kecamatan Lebong Selatan. Dari hasil monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilakukan oleh tim Kecamatan, Senin (17/1/2022), didapati masih ada sisa pekerjaan yang belum tuntas dikerjakan oleh pihak desa yakni kekurangan volume irigasi. Bangunan irigasi tersebut merupakan kelanjutan dari bangunan yang bersumber dari anggaran DD tahap II 2021 lalu, yang ditargetkan selesai di anggaran tahap III, dengan panjang 250 meter, lebar 1,2 meter dan tinggi 70 centimeter.

Dalam laporannya, pihak desa melaporkan anggaran DD ADD tahap III tahun anggaran 2021 telah terserap 100 persen. Pihak desa juga tidak menampik masih ada sisa pekerjaan irigasi yang belum tuntas dan saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Keterlambatan tersebut diakuinya dilatarbelakangi  oleh musim tanam para petani sawah. Pasalnya, irigasi yang dibangun oleh pihaknya itu merupakan irigasi yang biasa dimanfaatkan oleh para petani untuk mengairi sawahnya.

“Masih ada sedikit lagi yang masih dalam tahap pengerjaan, itu karena kami terkendala di musim tanam warga. Saat ini warga sedang turun sawah, sedangkan irigasi tersebut digunakan untuk pengairan sawah warga,” kata Kades dalam laporannya.

Setelah mendengar laporan dari pihak desa, tim Monev langsung turun ke lapangan untuk melihat langsung item pekerjaan yang dilaporkan oleh pihak desa.

Dari pengecekan di lapangan, ternyata memang benar tim Monev mendapati masih ada pekerjaan yang belum tuntas, yakni, kekurangan fisik irigasi dengan panjang sekitar 91 meter dari target sebelumnya sepanjang 250 meter.

Atas temuan tersebut, tim Monev mengimbau kepada Pemdes Manai Blau agar segera menyelesaikan kekurangan sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang diplot untuk kegiatan tersebut.

“Kami imbau kepada pihak desa agar segera menyelesaikan sisa pekerjaannya, harap dikebut mengingat ini sudah masuk tahun anggaran baru tentu ada tugas baru lagi yang harus kita kerjakan,” kata Camat. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *