/
/
headlineLebongpotret-desa

Tutup Tahun, Serapan Anggaran Desa Talang Liak I 100 Persen

145
×

Tutup Tahun, Serapan Anggaran Desa Talang Liak I 100 Persen

Sebarkan artikel ini
Monev

GO BENGKULU, LEBONG – Senin (20/12/2021) pagi, tim dari Kecamatan Bingin kuning, Kabupaten Lebong, turun ke lapangan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke Desa Talang Liak I. Kegiatan Monev yang digelarnya itu terkait serapan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Pada kesempatan itu Pemerintah Desa Talang Liak I melaporkan bahwa DD ADD tahun anggaran 2021 yang dikelola oleh pihaknya telah terserap 100 persen sesuai dengan APBDes yang sudah dirancang sebelumnya.

“Serapan sudah 100 persen, meliputi insentif perangkat desa, penanganan Covid-19, pemberdayaan dan pengadaan fisik bangunan, semuanya sudah terlaksana 100 persen,” sampai Kades Talang Liak I, Daruslan Efendi.

Monev

Pada kesempatan itu Kades juga menyampaikan, sejak dilanda wabah Covid-19, pihaknya sedikit kewalahan untuk mengatur keuangan desa, terutama untuk pembangunan fisik. Bagaimana tidak, Kades mengaku banyak rencana pembangunan yang harus ditunda lantaran anggaran yang ada terpaksa dialihkan untuk penanganan Covid-19. Namun demikian dia memastikan, kendati sedang dilanda bencana Covid-19, tapi pembangunan harus tetap berjalan dengan mengedepankan skala prioritas terutama yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Untuk yang belum bisa diakomodir tahun ini mudah-mudahan tahun berikutnya akan kita upayakan, doakan saja Covid-19 cepat berlalu, mari kita dukung upaya pemerintah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan ikut vaksin,” imbau kades, menutup sambutannya.

Monev

Sementara itu, Plt. Camat Bingin Kuning, Rika Natalina, SE., M.Ak, saat dibincangi awak gobengkulu.com, menyampaikan, dari hasil monitoring yang dilakukan oleh pihaknya (Tim Kecamatan, red), memang benar serapan anggaran DD ADD Desa Talang Liak I, sudah terserap 100 persen. Untuk pembangunan fisik, lanjut Rika, di tahun anggaran 2021 ini Pemdes Talang Liak membangun irigasi sepanjang 380 meter dengan serapan anggaran sekitar Rp 416  juta. Dari hasil pengecekan, menurutnya sudah sesuai seperti yang dilaporkan oleh pihak desa.

“Sudah kita cek dan evaluasi, hasilnya bagus dan realisasinya pun sesuai seperti yang dilaporkan,” ungkap camat. (Adv/Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *