/
/
headlinehukum-peristiwaLebong

Hujan Sore, Puluhan Rumah Warga Lebong Terendam

213
×

Hujan Sore, Puluhan Rumah Warga Lebong Terendam

Sebarkan artikel ini
Banjirrr

GO BENGKULU, LEBONGDiguyur hujan sejak sore, puluhan rumah warga Lebong terendam banjir, Rabu (8/12/2021). Terparah di Kecamatan Lebong Utara dan beberapa wilayah lainnya. Terpantau air menggenangi puluhan rumah warga Desa Kampung Muara Aman tepatnya gang pencucian dan pasar Muara Aman. Kemudian banjir juga menggenangi Desa Nangai Amen, Desa Lokasari, Kelurahan Tanjung Agung dan beberapa wilayah lainnya.

Menurut penuturan salah satu warga Desa Kampung Muara Aman, Syaiful, hujan deras mengguyuri sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong sejak pukul 16.00 WIB. Menurutnya, banjir terjadi akibat minimnya saluran drainase sementara intensitas hujan sore itu begitu tinggi membuat air menggenangi jalan. Karena hujan tak kunjung berhenti, Sungai Amen dan sungai Air Kotok juga meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

“Pukul 19.30 WIB air masih tinggi, kami terpaksa mengungsi dan berusaha menyelamatkan barang-barang agar tidak terendam,” ujar Syaiful.

banjir

Dia menambahkan, sejauh ini posisi air masih tinggi dan masih menggenangi rumah warga. Dikhawatirkan air akan terus meluap dan mengenangi rumah warga lebih banyak lagi. Dia berharap pihak BPBD standby di lokasi dan menyiapkan perahu karet untuk membantu warga jika dibutuhkan.

“Air masih tinggi, takutnya jika hujan tak kunjung berhenti air akan terus naik, kami minta BPBD turun ke lapangan dan menyiapkan perahu karet jika dibutuhkan nanti,” imbuhnya.

Kepala BPBD Lebong, Fachrurrozi, melalaui Kepala Bidang kesiapsiagaan, Hendra Surya, ketika dikonfirmasi menuturkan, pihaknya sudah ke lokasi dan meninjau beberapa titik yang tergenang banjir. Sejauh ini tidak ada korban jiwa, hanya saja puluhan rumah warga tergenang.

“Tim kita sudah tinjau lokasi dan saat ini masih di lapangan,” ujarnya.

Diakui Hendra, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa perahu karet untuk mengevakuasi warga jika nanti diperlukan. Dia juga mengimbau kepada seluruh warga yang tinggal dekat bantaran sungai agar waspada dan tetap hati-hati. Tidak menutup kemungkinan hujan akan kembali turun dan air terus naik.

“Harap tetap siaga apa lagi yang tinggal dekat bantaran sungai, karena tidak menutup kemungkinan hujan akan turun lagi,” tandasnya. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *