Diterjang Badai, Puluhan Rumah Warga Lebong Rusak Parah

0
7289
BADAI

GO BENGKULU, LEBONG – Angin kencang menyerupai puting beliung memorak-porandakan beberapa wilayah di Kabupaten Lebong, pada Selasa (30/10/2021) siang sekira pukul 11.30 WIB. Badai yang berlangsung hanya beberapa menit itu berhasil merusak puluhan rumah warga.

Seperti yang terjadi di Desa Kutai Donok, Kecamatan Lebong Selatan, kemudian di Desa Talang Donok dan Desa Suka Negeri, Kecamatan Topos, beberapa rumah warga mengalami rusak berat akibat diterjang angin kencang dan tertimpa pohon. Bukan hanya rumah warga, angin kencang juga mengakibatkan akses jalan menuju Kecamatan Pinang Belapis tertutup akibat batang tumbang tepatnya di Desa Tunggang, Kecamatan Lebong Utara.

badai

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Fachrurrozi, melalui Kepala Bidang kesiapsiagaan, Hendra Surya, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dia menceritakan, angin kencang yang terjadi Selasa siang itu memorak-porandakan beberapa rumah warga di beberapa desa yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Lebong dan juga merusak beberapa papan reklame yang terpasang di sisi jalan.

“Iya benar, ini musibah, beberapa rumah warga kita mengalami rusak berat, ada yang tertimpa pohon dan ada pula yang atapnya terbang ditiup angin kencang,” kata Hendra.

Selain puluhan rumah warga, lanjutnya, angin kencang juga memorak-porandakan tenda-tenda yang didirikan di kawasan terminal Pasar Muara Aman, yang digunakan untuk pergelaran vaksin massal.

badai

“Angin kencang juga mengakibatkan gangguan listrik lantaran tiang tenda yang terbuat dari pipa besi beterbangan dan menyentuh kabel jaringan tidak jauh dari pos jaga polisi lalu lintas dan tadi juga sempat menimbulkan percikan api,” cerita Hendra.

Lebih jauh Hendra mengaku pihaknya sudah turun ke lapangan untuk mengecek lokasi dan mempersiapkan langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

“Kita sudah luncuran ke lokasi, nanti kita akan laporkan ke pimpinan untuk menentukan apa tindakan kita selanjutnya,” tandasnya. (FR)

badai

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here