8 Cara Membersihkan Freezer Agar Lebih Awet

0
233
FREEZER

GO BENGKULU – Barang elektronik merupakan benda yang harus rutin untuk dirawat agar awet dan tahan lama. Salah satunya yaitu freezer, yang selalu menyediakan bahan makanan segar untuk keluarga anda setiap hari. Lebih bagus lagi kalau melakukan pembersihan freezer anda dengan rutin tiap bulan. Tetapi cara membersihkan yang tidak sesuai panduan justru akan merusak freezer. Jangan khawatir anda bisa melakukan pembersihan freezer anda di rumah dengan cara yang benar, sehingga kotak pendingin anda punya umur yang lebih panjang.

Inilah 8 cara membersihkan freezer agar lebih awet

  1. Matikan daya yang terhubung pada freezer.

Mematikan daya tentunya perlu agar kegiatan bersih – bersih lebih aman dan efisien. Salah satu alasan kenapa mematikan daya yaitu agar mempermudah menurunkan suhu freezer yang kadang tidak ter control sehingga terbentuk pinggiran – pinggiran es yang menghalangi dalam proses pembersihan freezer anda.

  1. Naikkan suhu

Suhu freezer yang di naikkan akan lebih membantu anda, karena semakin tinggi suhu maka proses pendinginan akan semakin menurun sehingga mempermudah anda dalam membersihkan freezer. Menaikkan suhu akan mempercepat proses pencairan pinggiran es yang tebal.

  1. Keluarkan isi freezer

Langkah selanjutnya untuk membersihkan freezer adalah dengan mengeluarkan semua isi bahan makanan dari freezer. Dalam proses membersihkan freezer tentunya penting untuk memindahkan bahan makanan sementara waktu, agar proses bersih – bersih semakin lancer tanpa gangguan.

  1. Bersihkan pinggiran es

Beberapa freezer mungkin dilengkapi fitur tertentu sehingga menghambat pertumbuhan pinggiran – pinggiran es. Pinggiran es merupakan es yang tumbuh di didnding freezer sehingga mengurangi kapasitas penyimpanan di freezer anda, atau biasa disebut bunga es. Melihat bunga es yang tipis tentu inisiatif yang kita ambil adalah mencongkel dengan pisau. Tentu itu adalah tindakan yang salah karena dapat melukai dinding freezer. Kita bisa menunggu es mencair setelah daya di matikan, lebih efisien dan terhindar dari kerusakan.

  1. Gosok dinding freezer

Dengan berbagai makanan yang disimpan, tentunya akan membuat freezer memiliki bau yang bercampur campur. Mungkin beberapa freezer dirancang dengan fitur penghilang bau sehingga lebih praktis. Cara membersihkan bau pada freezer bisa dengan campuran air dan sabun yang aman untuk bahan makanan, sehingga tidak akan terkontaminasi kedalam tubuh, serta gunakan kain atau semacamnya agar tidak merusak dinding freezer. Jangan lupa di bilas dengan air yang cukup.

  1. Kategorikan makanan

Ruang penyimpanan freezer yang sudah dibersihkan tentunya akan dimasukkan makanan. Kategorikan seperti memisahkan makanan berdarkan jenis seperti sayur, daging, buah, makanan beku. Selain lebih tertata rapid an enak dipandang tentu  akan memper mudah anda dalam mengambil makanan di kemudian hari tanpa ribet.

  1. Hindari beban berlebih

Membeli persediaan makanan banyak lalu di simpan di freezer tentunya lebih praktis dan mempermudah kegiatan anda. Tapi freezer juga memiliki takaran berat yang sudah di tentukan oleh perusahaan. Tentunya anda harus lebih cermat dalam memperhatikan banyak makanan dengan bobot kapasitas yang bisa dimuat freezer, sehingga menjadikan freezer anda lebih awet.

  1. Pembersihan rutin

Alat elektronik tentunya lebih rawan terhadap kerusakan. Karena itu penting untuk melakukan pembersihan rutin terhadap freezer agar memperpanjang umur pendingin elektronik anda. Tidak hanya memakai tapi juga merawat. Dengan begitu alat elektronik lebih tahan lama sehingga bisa membantu kegiatan sehari – hari kita.

Itulah 8 cara membersihkan freezer. Dengan membersihkan freezer tentunya agar terus menyediakan makanan terbaik untuk keluarga tercinta. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here