5 Tahun Rusak, Jembatan Ini tak Kunjung Diperbaiki

0
978
Jembatan di Kampung Jawa

GO BENGKULU, LEBONG – Warga Desa Kampung Jawa, Kecamatan Lebong Utara, mengeluhkan jembatan jalan lingkungan di kelurahannya yang tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Sementara, pengakuan warga setempat jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan jalan lingkungan antara RT-RW yang ada di kelurahan tersebut.

Diceritakan oleh Lurah Kampung Jawa, Muhammad Zainal, jembatan tersebut terletak di Bukit Harapan, RT 1, RW 2, yang menghubungkan jalan lingkungan antar RT yang ada di kelurahannya. Jembatan tersebut mengalami kerusakan berat sejak 5 tahun lalu. Tapi sejak itu jembatan tersebut belum pernah tersentuh perbaikan dari pemerintah, sehingga masyarakat setempat berinisiatif memperbaikinya sendiri secara swadaya.

“Ya, namanya swadaya masyarakat, hasilnya sebatas itulah, asal bisa dilewati saja jadilah karena keterbatasan anggaran. Mau mengandalkan anggaran dari kelurahan juga sama saja, tidak ada,” ujar Lurah, Rabu (8/9/2021).

Seingat dia, sejak mengalami kerusakan, petugas dari Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Lebong sudah berkali-kali melakukan survei ke lokasi jembatan tersebut dan melakukan pengukuran, tapi hingga saat ini belum juga ada kejelasan apakah akan dibangun atau tidak. Bahkan dia menyebut masyarakatnya sempat kecewa dan menilai pemerintah hanya memberi harapan palsu.

“Seingat saya sudah 3 kali petugas dari Dinas PUPR dan BPBD survei ke sini dan melakukan pengukuran seolah akan segera dibangun, tapi hingga sekarang belum juga ada kejelasan. Jadi wajar saja kalau masyarakat menyebut pemerintah PHP (Pemberi Harapan Palsu),” cetusnya.

Untuk volume jembatan, menurut Zainal panjangnya sekitar 10 meter sementara lebar sekitar 4 meter. Sebelum rusak 5 tahun yang lalu, jembatan tersebut bisa dilalui kendaraan roda 4, tapi dengan kondisi sekarang hanya bisa dilalui kendaraan roda 2. Ke depannya, dia berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait akan segera merealisasikan pembangunan jembatan yang sudah lama dinantikan oleh masyarakatnya itu agar bisa dilewati kembali seperti semula.

“Saya berharap pembangunan jembatan di kelurahan kami ini dapat segera direalisasikan sehingga masyarakat di sini bisa memanfaatkan dan perputaran ekonomi akan lebih baik,” harapnya. (FR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here