Serapan Anggaran Tahap I Tuntas, Pemdes Manai Blau Gelar Monev

0
507
Monev Manai Blau

GO BENGKULU, LEBONG – Tim dari Kecamatan Lebong Selatan melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) realisasi penyerapan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap I tahun anggaran 2021, Desa Manai Blau, Kamis (30/7).

Berdasarkan laporan dari Pemerintah Desa (Pemdes) Manai Blau, 40 persen dari anggaran ADD desanya adalah Rp 167.124.720,- sedangkan DD senilai Rp 417.709.200,-. Anggaran ADD sudah terealisasi 100 persen yang digunakan untuk Pembayaran Penghasilan Tetap (siltap) kades, perangkat desa, operasional pemerintah desa, tunjangan BPD, tunjangan operasional BPD, sarana dan prasarana pemerintah desa, insentif linmas, perangkat agama, perangkat adat, LKMD dan LPMD.

Monev Manai Blau

“Untuk ADD tahap I sudah terserap 100 persen,” ungkap Armen

Kemudian untuk anggaran DD Armen mengaku hampir terealisasi 100 persen, hanya saja ada beberapa kegiatan yang masih terdapat kekurangan dan dia menyatakan akan menyelesaikan secepatnya.  Seperti pembangunan gapura yang dianggarkan senilai Rp 27 juta, bangunan tersebut hampir selesai hanya tinggal pemasangan lampu dan neon box.

“DD juga hampir 100 persen, hanya tinggal pemasangan lampu dan neon box gapura, kami akan upayakan selesai dalam waktu dekat ini,” ujar Armen.

Monev Manai Blau

Dari laporan pihak desa tersebut, tim monev dari kecamatan melakukan pengecekan atas realisasi yang dilaporkan pihak desa. Hasil pengecekan, didapati realisasi di lapangan tidak jauh beda dari laporan realisasi pihak desa. Sebagai  catatan, ada sedikit yang harus segera diperbaiki oleh pihak desa, seperti pembangunan gapura yang belum dipasang lampu dan neon box, termasuk juga belum adanya instalasi listrik. Atas kekurangan tersebut tim monev mengimbau agar segera diselesaikan dan diperbaiki sesuai dengan gambar perencanaan dan segera dilaporkan kembali ke pihak Kecamatan.

“Kami mengimbau kepada pihak desa agar segera memperbaiki dan menyelesaikan item pekerjaan yang masih kurang dan harap sesuaikan dengan gambar perencanaan, jika selesai segera dilaporkan ke pihak kecamatan,” demikian rangkuman berita acara tim Monev yang dibacakan oleh Sekcam.

Tampak hadir dalam kegiatan monev yang digelar di Desa Manai Blau hari ini, tim Monev dari Kecamatan Lebong Selatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, TA, PD, Perangkat Desa dan BPD. (Adv/Pls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here