Belum Genap Sebulan, 36 Ribu Tikus Berhasil Ditangkap

0
1034
pemberantasan hama tikus

GO BENGKULU, LEBONG – Pada Rabu (14/) pagi, bertempat di areal persawahan Desa Kota Baru, Kecamatan Uram Jaya, Bupati Lebong, Kopli Ansori, membakar ribuan ekor tikus hasil tangkapan warga selama 3 pekan terakhir. Bahkan diakui pada acara tersebut jumlah ekor tikus yang dibakar tersebut mencapai 34 ribu ditambah dengan tikus yang masih utuh berjumlah 2.345 ekor yang diakui oleh warga setempat diperoleh dari hasil perburuan hanya dalam satu malam, pada Selasa (13/7) malam Rabu.

Proses pemusnahan ekor tikus yang digelar hari ini merupakan kali pertama pasca diumumkannya kepada warga bahwa 1 ekor tikus akan dibayar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong senilai Rp 3.000,-.

Pemberantasan hama tikus di Lebong

“34 ribu ekor tikus ini adalah tangkapan warga sejak 22 hari lalu, sementara 2.345 tikus yang masih utuh ini merupakan hasil tangkapan malam tadi,” ujar Kopli.

Kembali diungkapkan oleh Kopli bahwa program pemberantasan hama tikus yang digelontornya itu merupakan salah satu upaya meyakinkan masyarakat bahwa Pemkab Lebong mendukung penuh sektor pertanian. Selama ini masyarakat sering mengeluh bahwa yang menjadi kendala utama untuk melaksanakan tanam 2 kali (MT-2) adalah hama tikus. Dengan adanya program pemberantasan hama tikus ini diharapkan akan memberi solusi bagi warga agar dapat melaksanakan tanam 2 kali dalam setahun.

“Saya optimis jika program MT-2 ini berjalan sukses Lebong  pasti bisa menjadi produsen beras terbesar di Provinsi Bengkulu, karena kita punya potensi lahan yang luar biasa,” ungkapnya.

pemberantasan hama tikus

Ditambahkannya, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak ikut MT2. Kopli menyebut, untuk warga yang ikut MT-2 akan disiapkan bibit kemudian pestisida dan juga pupuk.

“Sekarang tinggal kemauan warga, untuk segala sesuatunya kita akan siapkan,” ucapnya.

Selain membakar ekor tikus, Kopli bersama para pejabat yang hadir juga menyusuri pematang sawah mencari lubang tikus lalu memasukkan petasan tikus. Tak hanya itu, bupati bersama pejabat lainnya juga turun ke sawah memulai menanam padi di sawah warga yang baru mulai tanam.

Tampak di lapangan, kegiatan yang digelar hari ini disambut antusias oleh warga. Bupati didampingi wakil bupati, Fahrurrozi dan Sekretaris Daerah. Acara juga dihadiri oleh beberapa kepala OPD, unsur FKPD, dan ada pula tamu dari Provinsi, yakni, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHT) Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here