Melalui DD TA 2021, Pemdes Kutai Donok Bangun Rumah Warga

0
255
bedah rumah kutai donok

GO BENGKULU, LEBONG – Patut diapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kutai Donok, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong. Desa yang dipimpin oleh seorang Pjs kades ini mengalokasikan anggaran Dana Desanya hingga ratusan juta rupiah untuk membantu warganya yang belum memiliki rumah layak huni. Dana tersebut kabarnya akan direalisasikan untuk program pembangunan rumah baru terhadap 18 KK yang ada di desanya.

Tidak ingin berlama-lama, hari ini Selasa (8/6), Pemdes Kutai Donok bersama unsur tripika melaksanakan titik nol pembangunan rumah baru tersebut.

Dibincangi awak gobengkulu.com, Pjs Kepala Desa Kutai Donok, Saifudin Zikri, mengatakan, 18 orang warga yang dimasukkan sebagai penerima bantuan pembangunan rumah baru dari anggaran DD tersebut memang dinilai layak, karena benar-benar belum memiliki rumah layak huni. Menurutnya, jika mau dihitung sebenarnya mungkin masih ada warganya yang berhak menerima bantuan pembangunan rumah tersebut. Tapi mengingat keterbatasan anggaran yang ada, jadi untuk tahun 2021 pihaknya hanya menganggarkan 18 rumah. Sisanya, mungkin akan dianggarkan di tahun anggaran 2022, atau akan diusulkan untuk mendapat bantuan Pembangunan Rumah dari program pemerintah pusat melalui Dinas Perkim Kabupaten Lebong. Dia juga menjelaskan, per satu rumah dianggarkan senilai Rp 25 juta, tapi tidak disalurkan dalam bentuk uang. Nominal tersebut akan disalurkan dalam bentuk material bangunan.

bedah rumah kutai donok

“Untuk tahap pertama ini kita akan bangun 10 rumah dulu, kemudian 8 rumah lagi akan kita bangun di DD tahap II nanti. Intinya kita tidak mau lagi ada warga kita yang tinggal di rumah tidak layak huni,” kata Kades.

Selain merealisasikan DD tahun 2021 untuk membangun rumah warga, Pemdes Kutai Donok juga merealisasikan Dana Desanya untuk membantu warga kurang mampu melalui BLT DD. Data terhimpun, di tahun 2021 terdapat 50  warga setempat terdaftar sebagai KPM BLT DD. Mereka masing-masing mendapat uang tunai senilai Rp 300 ribu perbulan dengan harapan dapat menunjang perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

BLT DD KUTAI DONOK

“Hari ini juga kita melaksanakan penyaluran BLT DD tahap I kepada 50 KPM, harapan kita dengan adanya BLT DD ini dapat menunjang perekonomian warga di tengah bencana Covid-19 yang masih belum berakhir hingga saat ini,” tutur Saifudin.

Tampak hadir dalam acara yang digelar oleh Pemdes Kutai Donok hari ini, Camat Lebong Selatan, Fendi, SH, Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa dan BPD. Selanjutnya hadir pula Pendamping Desa, Tenaga Ahli, dan tokoh masyarakat setempat. (Adv/Pls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here