Pendataan SDGs Rampung, Pemdes Bioa Putiak Gelar Musyawarah Pemutakhiran

0
160
sdgs biyoa putiak

GO BENGKULU, LEBONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Bioa Putiak, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, melaksanakan musyawarah pemutakhiran penetapan desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2021, bertempat di balai desa setempat, Senin (8/6).

Kepala Desa Bioa Putiak, Zulkaidi, yang memimpin langsung acara tersebut menyampaikan rasa syukurnya atas pendataan SDGs di desa yang dia pimpin telah rampung berjalan sukses. Dia mengatakan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras Pokja Relawan yang tidak kenal lelah siang dan malam terus bekerja demi tercapainya target waktu yang diberi oleh Kemendes PDTT.

sdgs bioa putiak

Namun demikian, dia pun tak menampik di desanya terjadi sedikit keterlambatan dari waktu yang ditarget sebelumnya, yakni, akhir bulan Mei. Hal itu dikarenakan terdapat sedikit kendala pada jaringan (Internet) yang tidak stabil sehingga menyulitkan pada proses penginputan data ke server.

“Alhamdulillah sukses, walaupun terdapat sedikit kendala. Ini semua tidak lepas dari peran aktif pihak kecamatan, Pendamping Desa, TA Kabupaten dan juga semua pihak yang selalu ikut serta untuk menyukseskan pendataan SDGs di desa tercinta kita ini,” ujar Kades.

sdgs biyoa putiak

Pada kesempatan itu dia juga menceritakan sedikit gambaran terkait hasil dari pendataan yang telah dilakukan oleh pokja relawan. Dari hasil pendataan, diketahui di Desa Bioa Putiak terdapat sebanyak 240 KK (Kepala Keluarga)  dengan total jiwa sebanyak 850. Dari total 850 tersebut diketahui 462 jiwa laki-laki dan 388 jiwa perempuan. Bukan hanya total jiwa, lanjutnya, tapi pendataan berbasis SDGs juga mendata lebih rinci lagi, mulai dari jenis pekerjaan, kondisi kesehatan, pendidikan dan ekonomi dan budaya termasuk juga kondisi geografis.

“Semoga data ini nanti akan membantu untuk ke depannya agar apa saja program yang akan diluncurkan oleh pemerintah bisa tepat sasaran dan lebih terasa ke masyarakat dan tentunya dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tutur Zulkaidi.

Tampak hadir pada acara yang dilangsungkan di balai desa siang itu, Sekretaris Kecamatan Pinang Belapis, pendamping desa, bhabinkamtibmas, babinsa, BPD dan pokja relawan pendataan SDGs tahun 2021. (Adv/FR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here