Dini Hari, Puluhan Ruko di Pasar Muara Aman Ludes Terbakar

0
3696
Kebakaran di Pasar Muara Aman

GO BENGKULU, LEBONG – Selasa (8/6) dini hari sekitar pukul 00.05 WIB, warga Pasar Melintang, Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong dihebohkan dengan kejadian kebakaran dahsyat yang menghanguskan puluhan ruko yang berjejer di sepanjang pasar tersebut, tepatnya di depan Studio Motofoto, tidak jauh dari toko Mas Ilham. Sedikitnya ada sekitar 15 ruko habis terbakar berikut seisinya dan kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar lebih.

Diceritakan oleh Andi, salah satu saksi yang rumahnya tidak jauh dari tempat kejadian, sekitar pukul 00.05 WIB dirinya mendengar suara ledakan dari dalam warung bakso yang juga diketahui sebagai agen gas LPG. Mendengar suara ledakan yang mengejutkan itu, dirinya lalu memberitahu warga lainnya untuk mencari sumber suara. Tidak lama kemudian warga berhamburan keluar, dan saat itu tiba-tiba api muncul dari arah dapur warung bakso yang diketahui milik Beti, warga Kampung Jawa, Kecamatan Lebong Utara. Tidak butuh waktu lama api langsung membesar dan sulit untuk dikendalikan. Dia mengaku, warga yang sudah ramai di lokasi saat itu kesulitan untuk memadamkan api karena di sekitar lokasi tidak terdapat air lantaran sudah beberapa hari air ledeng (PDAM) tidak mengalir.

“Tadi sekitar pukul 00.05 WIB, ado suaro ledakan dari warung bakso Cik Beti depan ko, kami dak tahu itu suaro apo. Sudah tu api tibo-tibo keluar dari arah dapur dan sudah dalam keadaan besar,” kata Andi dengan logat bahasa setempat.

Andi juga menceritakan, setelah sekitar 20 menit kejadian dan api sudah menjalar ke beberapa toko di sepanjang deretan warung bakso tersebut, barulah petugas PBK (Penanggulangan Bahaya Kebakaran) datang. Sedikitnya ada sekitar 3 mobil PBK dikerahkan. Tapi tak bisa dielak lagi, sedikitnya ada sekitar 15 ruko hangus terbakar dan tidak banyak isi toko yang berhasil diselamatkan. Dia juga menyebut, jika dilihat dari berapa toko yang habis terbakar kerugian ditaksir lebih dari Rp 2 miliar.

“Ruko yang terbakar ini bermacam-macam, ada yang warung manisan, toko baju, pecah belah dan ada juga bengkel. Rasanya tidak kurang dari Rp 2 miliar,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.45 WIB, dan saat ini petugas dari kepolisian, petugas PBK dan masyarakat masih berjaga-jaga sembari menyirami lokasi kebakaran antisipasi jika masih ada titik api. Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi penyebab dan sumber kebakaran dari mana. Tampak pula di lokasi kejadian ada Bupati Lebong, Kopli Ansori bersama Sekretaris Daerah, Mustarani Abidin, memantau lokasi dan berbincang-bincang dengan warga sekitar lokasi. (FR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here