Lebong Berduka, Banjir dan 4 Titik Longsor Menimpa

0
3599
longsor kutai donok
Warga bergotong royong membersihkan material longsor dan pohon tumbang

GO BENGKULU, LEBONG – Kabupaten Lebong kembali ditimpa bencana. Kali ini terjadi di dua desa tetanggaan di wilayah Kecamatan Lebong Selatan, yakni, Desa Kutai Donok dan Desa Sukasari. Banjir diikuti dengan material bebatuan menerjang dua desa tersebut pada sore Rabu (21/4), jelang buka puasa sekira pukul 17.30 WIB. Material bebatuan berserakan hampir di sepanjang ruas jalan di dua desa tersebut hingga sulit dilalui kendaraan.

Masyarakat lalu bergotong royong membersihkan material bebatuan bercampur lumpur yang berserakan di sepanjang ruas jalan di dua desa tersebut.

Malangnya, hujan lebat yang mengguyuri di sore itu tak kunjung reda hingga malam. Bencana susulan pun terjadi, bahkan lebih dahsyat dari sebelumnya, yakni bencana longsor hingga menutup total beberap titik ruas jalan.

Tiga titik terjadi di dekat kawasan wisata Pondok Lucuk, Desa Kutai Donok. Kemudian terparah 1 titik di ruas jalan dekat pemukiman warga Desa Kutai Donok hingga menutup total sekitar 10 meter ruas jalan dan mengenai bagian depan rumah salah satu warga setempat yang diketahui milik Amirul Mukminin.

Longsor yang terjadi kali ini tidak bisa lagi dibersihkan tanpa bantua alat. Beruntung saja ada salah satu warga, yakni, Ageng, yang bersedia meminjamkan alat beratnya miliknya untuk membersihkan material longsor tersebut.

“Alat ini kita pinjam dengan salah satu pengusaha stone crusher yang ada di dekat sini, Ageng. Dia hanya menyingkirkan material yang menutup jalan saja, selebihnya nanti kita akan koordinasi dengan pemerintah daerah,” kata Camat Lebong Selatan, Fendi, S.Sos, yang turut hadir di lokasi saat itu.

Terpantau di lokasi, proses evakuasi material longsor berlangsung hingga pukul 23.30 WIB. Sayangnya, hingga proses evakuasi selesai tim BPBD Kabupaten Lebong tidak tampak hadir di lapangan. Proses evakuasi dilakukan oleh warga setempat bersama jajaran Polsek Lebong Selatan, Koramil 409-02/Lebong Selatan dan Camat Lebong Selatan dan tampak pula Wakil Bupati Lebong, Fahrurrozi, turut ke lokasi untuk meninjau.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja beberapa rumah warga mengalami kerusakan dan akses jalan sempat lumpuh hingga beberapa jam. Jalan sudah bisa dilalui tapi harus tetap berhati-hati karena masih banyak sisa material longsor yang tersisa di jalan dan kondisi jalan masih licin. (FR)

Baca juga: Jelang Buka Puasa, Desa Kutai Donok Babak Bingkas Diterjang Banjir

longsor kutai donok
Wakil Bupati bersama tripika Lebong Selatan
longsor kutai donok
Rumah warga Kutai Donok yang terdampak longsor

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here