Diguyur Hujan, Rumah Warga Suro Ilir Terendam Banjir

0
813
banjir di suro ilir
Warga bergotong royong membantu menyelamatkan barang milik korban. Hingga pukul 18.00 WIB kondisi air masih belum surut

GO BENGKULU, KEPAHIANG – Diguyur hujan deras sekitar 1 jam pada Jumat (9/10) sore, 5 rumah warga Desa Suro Ilir, Kecamatan Ujan Mas, Kepahiang, terendam banjir. Korbannya adalah, Mule, Aripin, M Daud, Tokaryo dan rumah Marzuki yang letaknya berdekatan dan satu lokasi.

Dari pengakuan Tokaryo (Salah satu korban, red), hujan mulai sekira pukul 15.00 WIB. Setelah berlangsung sekira 1 jam, air mulai naik dan menggenangi rumahnya hingga setinggi lutut orang dewasa. Dia mengaku, tidak banyak perabotan yang berhasil diselamatkan karena kondisi saat itu hujan deras dan debit ari naik begitu cepat, termasuk puluhan karung padi yang disimpan di dalam rumah pun ikut tenggelam.

“Motor saya juga ikut terendam karena tidak sempat diselamatkan. Kamar tidur juga sudah seperti kolam renang,” kata Tokaryo.

Dia juga mengaku, rumahnya memang kerap dilanda banjir apa bila hujan lebat dan berlangsung lama, tapi baru sekali ini yang paling parah.

“Biasanya paling sebatas mata kaki, baru kali ini yang paling parah,” imbuhnya.

Menurutnya, banjir terjadi akibat ukuran drainase yang terdapat di depan rumahnya ukurannya terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung volume air hujan yang begitu deras tambah lagi terdapat pula air kiriman dari siring yang ada di belakang rumahnya.

“Ukuran siring ini terlalu kecil sehingga tidak sanggup menampung air hujan dan tambah lagi ada air kiriman dari siring belakang,” tandasnya. (OJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here