/
/
headlineLebongpotret-desa

Pendataan SDGs di Desa Pungguk Pedaro Dimulai

156
×

Pendataan SDGs di Desa Pungguk Pedaro Dimulai

Sebarkan artikel ini
POKJA SDGs

GO BENGKULU, LEBONG – Desa Pungguk Pedaro, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong, menggelar pembentukan Tim Relawan Pokja Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) Desa. Tim pokja ini nanti tugasnya mendata seluruh masyarakat secara terperinci dan detail sehingga diperoleh data yang akurat.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Desa Pungguk Pedaro, Swardi Tabrani, tim Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa tugasnya melakukan pendataan secara detail di masyarakat desa, yakni, terkait jumlah keluarga, jumlah warga, tingkat pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lainnya yang terkait kehidupan di masyarakat. Dengan demikian, diharapkan program pembangunan akan terwujud tepat sasaran dan merata tanpa kecuali.

“SDGs ini adalah pendataan secara detail sampai ke hal yang paling kecil sekalipun. Seharusnya pendataan dimulai 1 April lalu, tapi karena sesuatu hal kita terpaksa harus memulainya hari ini hingga 30 Mei mendatang,”  ujar Kades, Kamis (8/4).

Dia juga mengimbau kepada tim relawan agar mendata dengan benar dan tidak melewatkan satu pun mayasarakat yang ada di desa agar didapati data yang akurat. Masyarakat harus diwawancara dan dihimpun data dan keterangannya.

“Tidak boleh terlewatkan satu pun, datangi rumahnya (Warga, red) satu-persatu dan jangan ada yang terlewatkan. Kalau tidak ketemu orangnya datangi lagi sampai orangnya ada,” tandas Kades.

Untuk diketahui, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. (Pls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *