Sampah Menumpuk, Komisi III DPRD Kepahiang Angkat Bicara

0
419
tumpukan sampah di pinggir jalan

GO BENGKULU, KEPAHIANG – Terkait tumpukan sampah yang terletak di jalan lintas Curup-Bengkulu, tepatnya di sisi jalan desa Daspetah dan Ujan Mas, Kecamatan Ujan Mas, mendapat kritikan keras dari Komisi III DPRD Kepahiang, yakni, Hendri, A.Md. Dia mengaku miris melihat tumpukan sampah tersebut. Menurut pria yang dikenal kritis ini, seharusnya pihak DLHKP (Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan) tanggap dengan permasalahan sampah, itu memang tupoksi mereka. Semestinya jangan dibiarkan sampai menumpuk seperti itu, ketika ada sampah segera diangkut. Dia mempertanyakan, kenapa petugas kebersihan dari DLHKP lewat saja ketika melihat tumpukan sampah di tempat yang tidak seharusnya, sementara mereka setiap hari lewat sana untuk mengambil sampah warga di sepanjang jalan Kecamatan Ujan Mas dan Merigi. Kalau memang mereka merasa kekurangan armada atau apa, seharusnya mereka segera sampaikan untuk dicarikan solusinya.

“Seharusnya kan ketika melihat sampah mereka harus angkut, jangan dibiarkan begitu saja, di situ kan bukan TPA. Apa lagi kalau sudah menumpuk seperti itu tentunya akan membutuhkan tenaga dan biaya ekstra,” kata Hendri, Jumat (5/2/2021).

Terkait hal itu juga dia pastikan dalam waktu dekat akan mengundang pihak DLHKP Kabupaten Kepahiang untuk menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP). Dirinya akan mempertanyakan apa kendalanya sehingga masih banyak tumpukan sampah yang tidak diangkut itu.

Dia juga mengaku akan mempertanyakan terkait pengelolaan sampah di Kabupaten Kepahiang. Selanjutnya dia juga akan mempertanyakan terkait ada informasi yang mengatakan ada pungutan retribusi yang ditarik dari para pedagang dengan besaran bervariasi antara Rp5.000,- hingga Rp 15.000,- perbulan.

“Kita mau tanya kejelasan dan peruntukannya (retribusi, red) untuk apa dan kemana, jangan sampai nanti ada penyalahgunaan wewenang,” cetusnya. (OJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here