Sejumlah Aset Pemkab Diserahkan ke Desa Meranti Jaya

0
170
Kades Meranti Jaya
Kepala Desa Meranti Jaya, jalal Udin

GO BENGKULU, KEPAHIANG – Terdapat beberapa aset tidak bergerak milik Pemerintah Kabupaten yang terletak di Desa Meranti Jaya, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang, seperti gedung balai desa, JUT (Jalan Usaha Tani), dan jalan rabat beton di lingkungan desa setempat. Hal itu tentu membuat Pemerintah setempat kesulitan untuk melakukan perawatan atau pun renovasi aset tersebut dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana desa (DD) karena masih di bawah kewenangan dan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten.

Tapi hal itu usai sudah, sejumlah aset tersebut kabarnya sudah diserahterimakan oleh Pemkab Kepahiang kepada pemerintah desa Meranti Jaya, sehingga pihak pemdes bisa leluasa untuk menganggarkan anggaran untuk melakukan pemeliharaan dengan menggunakan anggaran DD.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Desa Meranti Jaya, jalal Udin, selama ini pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan renovasi terhadap beberapa aset yang terletak di desanya karena aset tersebut masih milik dan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten. Setelah sekian lama diusulkan dan berproses akhirnya aset tersebut diserahkan ke desa. Diantaranya, balai desa, JUT, dan jalan rabat beton. Dengan demikian, saat ini pihaknya bisa leluasa untuk melakukan perawatan ataupun renovasi aset tersebut dengan menggunakan anggaran DD karena sudah menjadi milik dan tanggung jawab desa.

“Alhamdulillah sudah diserahterimakan ke kita (pemdes, red). Kalau begini kan enak, kita bisa sepenuhnya melakuakan perawatan atau renovasi aset tersebut dengan menggunakan anggaran DD. Kalau selama ini kita harus menunggu direhap oleh pemerintah Kabupaten karena itu memang bukan aset kita,” ungkap kades, Kamis (16/1/2021). (OJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here