Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pemdes Pungguk Pedaro Fokus Bangun JUT dan Irigasi

0
335
Pungguk pedaro

GO BENGKULU, LEBONG – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani, Pemerintah Desa (Pemdes) Pungguk Pedaro, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong, fokus bangun Jalan Usaha Tani (JUT) dan irigasi. Seperti yang diungkapkan Kepala Desa Pungguk Pedaro, Swardi Tabrani, didampingi Kaur Keuangan, Yudi Dinata, anggaran Dana Desa  (DD) tahun 2021 di desanya dirinya fokus untuk membangun JUT dan Irigasi, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pungguk pedaro

Menurutnya, JUT dan irigasi adalah kebutuhan primer bagi petani. Dengan jalan yang mulus masyarakat akan mudah menjangkau persawahan mereka dan lebih mudah mengangkut hasil pertaniannya. Dengan demikian otomatis nilai ekonomis dari hasil pertanian akan meningkat dan perlahan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

“Bukan hanya JUT, kami juga fokus membangun irigasi. Masyarakat tidak akan bisa bertani jika kesulitan air,” ungkapnya, Kamis (14/1/2021).

Dia juga menyampaikan, untuk DD tahun anggaran 2021 pihaknya akan kembali membangun JUT sepanjang 1 kilometer di Dusun I, dan melanjutkan pembangunan irigasi sepanjang 300 meter yang belum terselesaikan di tahun 2020 lalu. Dia bertekad seluruh jalan menuju persawahan di desanya tidak ada lagi jalan tanah dan berlumpur dan pengairan sawah masyarakat tersuplai dengan baik.

“Tahun ini kita masih akan memprioritaskan 2 kegiatan tersebut (JUT dan Irigasi, red), dan harapan kita semua jalan menuju areal persawahan warga kita tidak ada lagi jalannya yang masih tanah dan persawahan para petani tersuplai dengan baik,” tandasnya. (Adv/Pls).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here