Pulihkan Kesehatan Masyarakat di Tengah Pandemi, Pemkab Lebong Kembali Gelar Webinar

0
265
webianar pemkab lebong sesio II

GO BENGKULU, LEBONG – Tidak bisa dipungkiri apapun di dunia ini bisa dilakukan jika jiwa dan badan kita sehat. Jika badan sehat semua rencana bisa dilakukan dan semua keinginan bisa diperjuangkan.  Tidak terkecuali perekonomian, jika badan sakit maka ekonomi pun akan ikut anjlok begitu juga sebaliknya, jika badan sehat ekonomi bisa diperjuangkan.

Contohnya saat ini, seluruh belahan dunia tidak terkecuali negara Indonesia diserang oleh virus yang menakutkan, Covid-19 atau yang kita kenal dengan sebutan virus Corona. Sejak diserang pada Maret lalu, perekonomian Indonesia mulai goyang dan tentunya berdampak pada perekonomian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang terpaksa harus rela kehilangan pekerjaannya, bahkan tidak sedikit perusahaan yang terpaksa gulung tikar lantaran tidak sanggup lagi menggaji karyawannya.

8 bulan berlalu, dampaknya sungguh luar biasa. Semua kebiasaan berubah, anak-anak terpaksa harus menjalani sistem belajar jarak jauh, perusahaan dan perkantoran banyak yang meliburkan pegawainya. Hal itu dilakukan semata-semata agar terhindar dari wabah Covid-19, yang konon katanya mudah menular melalui kerumunan.

Oleh sebab itu, pemerintah tak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat agar senantias mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak, agar penyebaran wabah Covid-19 dapat diputuskan.

Tidak hanya batas itu, pemerintah juga tak ingin lama-lama terpuruk dengan keadaan seperti sekarang ini. Pemerintah selalu mencari solusi bagaimana caranya agar penyebaran Covid-19 dapat diputuskan dan perekonomian masyarakat segera pulih.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan gemar menggelar sosialisasi melalui webinar (zoom metting) dengan melibatkan tokoh-tokoh dan masyarakat guna mensosialisasikan dan mengedukasi terkait apa yang mesti dilakukan di tengah pandemi Covid-19 agar tidak beralama-lama terpuruk dengan keadaan seperti sekarang ini.

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), bekerjasama dengan Pemkab Lebong rencananya kembali akan menggelar webinar terkait dampak penyebaran wabah Covid-19. Webinar kali ini akan menngangkat tema “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat”, yang akan digelar Rabu (2/12/2020) besok. Yang rencananya akan dimulai pukul 14.00 WIB, hingga pukul 16.00 WIB. Masyarakat diundang untuk mengikuti webinar tersebut dengan cara bisa mendaftar di situs http://s.id/kpcpenlebong secara gratis.

Webinar yang akan digelar Rabu besok itu akan menghadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman, SKM., M.Si dan Pjs Bupati Lebong, Herwan Antoni, SKM, M.Kes., M.Si, dengan moderator seorang Kepala Dinas Kominfo-SP, Kabupaten Lebong, Donny Swabuana, ST., M.Si.

“Kita akan kembali menggelar webinar besok (2/11/2020). Kami mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengikuti webinar tersebut. Caranya gampang cukup daftar melalui situs http://s.id/kpcpenlebong secara gratis. Bagi yan ikut nanti akan mendapat sertifikat digital,” kata Donni.

Sedikit dia menjelaskan, webinar yang akan digelar besok itu akan membahas terkait langkah-langkah pemerintah untuk memutus tali rantai penyebaran virus Corona. Salah satunya melalui vaksin dan imunisasi agar daya tahan tubuh masyarakat menjadi kuat. Dan juga akan mengulas sejumlah informasi dasar tentang vaksin, terutama mengenai manfaat-manfaat dasar imunisasi untuk melindungi tubuh dan mencegah penularan penyakit. Termasuk meluruskan isu-isu miring yang beredar di masyarakat, pembicara akan memaparkan pemahaman dasar tentang kejadian ikutan pasca imunisasi, termasuk klasifikasi, penanganannya, dan sejumlah informasi penting lainnya.

“Kita akan bincang-bincang dan diskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan Lebong, dan juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang saat ini menjabat sebagai Pjs Bupati Lebong. kita akan bincangp-bincang terkait vaksin termasuk klasifikasi tentang kejadian ikutan pasca imunisasi, penanganannya, dan sejumlah informasi penting lainnya,” jelas Donni.(YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here