Diduga Selewengkan Dana Desa, Mantan Kades Semelako II Dibui

0
1552
korupsi dana desa
Ilustrasi

GO BENGKULU, LEBONG – Diduga menyelewengkan Dana Desa (DD) tahun anggaran (TA) 2019, mantan Kepala Desa (Kades) Semelako II, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, ditangkap. Mantan Kades yang berinisial FS ini ditangkap tim Sat Reskrim Polres Lebong pada Jumat (26/11/2020) malam, sekira pukul 20.00 WIB.

Dijelaskan Kapolres Lebong, Polda Bengkulu, AKBP. Ichsan Nur, S.I.K, total DD tahun 2019 lalu itu sebesar Rp 848 juta, tapi yang diserap oleh mantan kades tersebut hanya senilai Rp 527 juta, yakni DD tahap I senilai Rp 169 juta, kemudian tahap II senilai Rp 339 juta, jika ditotal nilainya mencapai Rp 508 juta. Sementara, sisanya untuk DD tahap III tidak lagi dikelola oleh FS dikarenakan jabatannya sebagai Kades berakhir.

Dari nilai Rp 508 juta yang dicairkan oleh tersangka diduga terdapat kerugian negara (KN) sebesar Rp 227 juta. KN tersebut diketahui setelah adanya audit dari tim Inspektorat Lebong.

“Kita melakukan penyelidikan atas dasar hasil audit Inspektorat Lebong yang menemukan adanya kerugian negara sebesar Rp 227 juta di Desa Semelako II,” kata Kapolres.

Atas dasar itulah, lanjut Kapolres menjelaskan, pihaknya melakukan penyelidikan, hingga naik ke penyidikan dan penetapan tersangka. Hasil dari penyelidikan tersebut, jelasnya lagi, ditemukan ada beberapa item pekerjaan fisik yang dikurangi volumenya hingga menimbulkan KN sebesar Rp 227 juta tersebut.

FS mendatangi Unit Tipikor Sat Rekrim Polres Lebong, pada Jumat (27/11/2020), sekira pukul 09.00 WIB. Setelah dilakukan pemeriksaan dan dirasa cukup, Unit Tipikor membuat Surat Perintah Penangkapan dan Surat Perintah Penahanan terhadap tersangka. Kemudian unit tipikor melakukan penangkapan dan dilakukan penahanan. FS kemudian dititipkan di rumah tahanan (rutan) Polres Lebong, sekira pukul 20.00 WIB.

“Iya sudah kita tetapkan tersangka, ditahannya malam tadi, dan saat ini kita masih melakukan pemeriksaan,” demikian Kapolres. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here