/
/
headlineLebong

4 Kali WTP, Pemkab Lebong Raih Piagam Penghargaan dari BPK RI

98
×

4 Kali WTP, Pemkab Lebong Raih Piagam Penghargaan dari BPK RI

Sebarkan artikel ini
4 kali wtp lebong raih piagam penghargaan dari BPK RI

GO BENGKULU, LEBONG – Empat kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dianugerahi piagam penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Bengkulu. Piagam Pengharagaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Lebong karena dinilai telah mampu menata keuangan daerah dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan predikat WTP yang diraihnya sebanyak 4 kali berturut-turut sejak tahun 2016 lalu di bawah kepemimpinan Bupati Rosjonsyah. Penyerahan piagam penghargaan digelar di gedung Graha Bina Praja Pemda Lebong, pada Rabu (25/11/2020).

Dalam sambutannya Pjs Bupati, Herwan Antoni, SKM., M.Kes., M.Si, mengatakan, piagam penghargaan tersebut didapat berkat kerjasama semua pihak di jajaran Pemerintah Kabupaten Lebong, sehingga berhasil meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Bengkulu, sebanyak 4 kali berturut-turut. Hal itu tentunya tidak datang dengan sendirinya. BPK RI memberi penilaian pasti berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan yang dilakukan sebelumnya.

“Ini adalah penghargaan untuk kita semua (Kabupaten Lebong, red). Inilah hasil kerja keras dan kepatuhan kita terhadap tata kelola keuangan daerah selama ini,” kata Herwan Antoni.

Dilanjutkannya, setelah mendapat opini WTP 4 kali berturut-turut, tentunya ada tugas berat yang harus dihadapi, yakni mempertahankan. Menurutnya, mempertahankan lebih sulit daripada memperjuangkan. Jadi tugas kedepan harus benar-benar maksimal dan tetap konsisten mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

“Setelah mendapat opini WTP dan piagam penghargaan ini tentu ada tugas berat yang harus kita emban yakni, mempertahankan prestasi yang sudah diraih. Jangan terlena dan patuhi norma-norma pengeloaan keuangan yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Raden Muhammad Adil, SH., MM, yang hadir dan menyerahkan langsung piagam penghargaan tersebut mengatakan, opini WTP 4 kali berturut-turut di Kabupaten Lebong menandakan bahwa pengelolaan keuangan di Pemerintahan Kabupaten Lebong dinilai baik. Dia pun menyampaikan agar Pemerintah Kabupaten Lebong jangan cepat puas dengan prestasi yang ditoreh dan tentunya harus tetap pertahankan.

“Piagam ini adalah penghargaan dari BPK RI atas prestasi (WTP 4 kali berturut-turut, red) yang berhasil diraih Pemkab Lebong selama ini. Tentunya prestasi ini harus tetap dipertahankan,” ujarnya.

Dia menambahkan, Jika Kabupaten Lebong berhasil meraih WTP yang ke lima kalinya (5 kali berturut-turut, red) maka piagam penghargaan akan diserahkan di istana Negara. Dan setiap daerah yang meraih WTP tentunya akan berpeluang mendapat reward berupa DID (Dana Insentif Daerah) dari pemerintah pusat.

“Jika Kabupaten Lebong kembali WTP yang kelima kalinya (Lima kali berturut-turut, red), piagam penghargaan akan diserahkan di Istana Negara,” imbuhnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Lebong, Fadil Regan, SH., MH, Sekretaris Daerah Lebong, H. Mustarani Abidin, SH., M.Si, perwakilan Polres Lebong, dan kepala para kepala OPD di lingkungan Pemkab Lebong. (YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *