Jamin Pilkada Damai, Polres Lebong Gelar Sispamkota

0
232

GO BENGKULU, LEBONG – Dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2020 di Kabupaten Lebong, Polres Lebong melakukan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) bertempat di Mapolres Lebong, pada Selasa, (17/11), sekira pukul 09.00 WIB. Tampak seluruh anggota Polres Lebong dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Skenario simulasi dimulai saat adanya aksi unjuk rasa dari salah satu kelompok pasangan calon (Paslon) yang tidak terima karena adanya indikasi kecurangan pada hasil penghitunga suara. Para pengunjuk rasa mendatangi kantor KPU dan Bawaslu Lebong.

Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, S.I.K

Dalam menangani isu tersebut satuan fungsi jajaran Polres Lebong mempunyai peran masing-masing. Dimulai dari satuan Intelkam melakukan deteksi dan pemberian informasi tetang rencana aksi yang akan digelar. Untuk pengawalan massa yang akan melakukan aksi dan pengaturan lalu lintas serta penyortiran, disiagakan tim dari Satlantas dan Polsek. Tim ini juga bertugas memberian imbauan kepada para massa agar senantiasa mematuhi protokol Covid-19.

Kemudian ada tim dari anggota Humas Polres yang bertugas untuk mengambil dokumentasi pada saat penanganan aksi.

Tidak hanya itu, dalam melakukan aksi para pendemo juga diminta agar tetap tenang dan damai, dalam hal ini dibentuk tim negosiator yang membentuk barisan di depan formasi Dalmas awal. Untuk menenangkan massa, tim negosiator membentuk barisan di depan formasi Dalmas awal. Ketika eskalasi massa mulai meningkat tim Dalmas inti dan tim Raimas juga siap siaga melakukan penindakan jika ada massa yang anarkis.

Biasanya dalam setiap aksi  ada provokator dan juga massa yang anarkis, dalam hal ini Polres Lebong juga membentuk Tim Tindak yang akan mengambil tindakan jika hal itu terjadi.

Disampaikan Kapolres Lebong, AKBP.Ichsan Nur, S.I.K, kegiatan simulasi Sispamkota ini bertujuan untuk mematangkan kesiapan jajaran Polres Lebong untuk menjamin Pilkada berjalan damai dan kesiapan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita ingin menjamin Pilkada berjalan lancar dan damai. Kalau pun nanti ada aksi demo karena ketidakpuasan pasca penghitungan suara, itu pun harus berjalan damai dan harus sesuai dengan peraturan yang ada,” kata Kapolres.

Dia kembali mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, simpatisan dan juga pendukung pasangan calon agar tetap menjaga norma-norma dan mengedepankan kampanye santun. Siapa pun yang menang nanti itu adalah putra terbaik kita Kabupaten Lebong.

“Mari berkampanye santun, jangan saling menghujat, dan tentunya jangan melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum,” tandas Kapolres.

Tampak seluruh satuan dan seluruh anggota polres Lebong dilibatkan dalam simulasi yang digelar pagi itu. Kapolres Lebong memerankan langsung sebagai Kaopsres, Waka Polres sebagai wakaopsres, Kabagops Polres Lebong Sebagai Karendal Ops. Dan juga seluruh bagian dan satuan lainnya ikut andil dengan peran dan fungsinya masing-masing. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here