Didukung PT.PGE Proyek Hululais, Warga Danau Liang Sukses Laksanakan  Program MT 2

0
410
panen raya pge.

GO BENGKUKLU, LEBONG – Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan, PT. Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek  Hululais kembali melaksanakan program Musim Tanam (MT) 2 dengan melibatkan Kelompok Tani (Poktan) di sekitar ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP).

Setelah tahun lalu melaksanakan kegiatan serupa dengan dua lokasi yaitu di Desa Danau Liang, Kec. Lebong Tengah dan Sawah Sam di Kelurahan Mubai, Kec. Lebong Selatan. Kamis (15/10/2020) bertempat di areal persawahan samping cluster D, Desa Danau Liang, dilaksanakan panen raya padi MT 2 tahun 2020.

Kegiatan yang bersinergi dengan kelompok tani dan Disperkan Lebong ini merupakan program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR Pertamina. Untuk tahun 2020 ada peningkatan luas areal persawahan yang melaksanakan MT 2 yaitu seluas 35 Hektar. Tentu ini ada peningkatan yang significan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 Hektar.

Ketua Kelompok Geo Tani Makmur Desa Danau Liang, Rasali, mengemukakan, berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT. PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Danau Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong, ada penambahan jumlah kelompok tani dan petani yang mau mengikuti program MT 2 di Desa Danau Liang.

“Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani, meliputi Poktan ‘Harapan Maju’, ‘Danau Liang Jaya’, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur. Dengan bertambahnya kelompok tani yang ikut serta, tentu luas persawahan pun bertambah. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais, Disperkan Kabupaten Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan Kades Danau,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Danau Liang, Endang Karyawan, mengucapkan terimakasih atas kepedulian PT. PGE Proyek Hululais dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani khususnya di Desa Danau Liang.

“Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Danau Liang, saya mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais yang telah melaksanakan program yang sangat  bermanfaat bagi masyarakat ini. Berkat program ini, tahun 2020 sudah melakukan MT 2 seluas 35 Hektar dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Danau Liang,” ungkapnya.

Begitu juga apresiasi datang dari Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Emiwati,SE M.Ak terhadap kegiatan yang dilakukan PT. PGE Proyek Hululais ini. Dan khusus untuk Poktan yang berhasil melaksanakan MT 2 sebagai bentuk apresiasi diberikan reward berupa Alsintan.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais yang telah melakukan kegiatan yang mendukung program pemerintah kabupaten Lebong yaitu program MT 2. Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,” sampainya.

Sementara itu Project Manager PT. PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan, yang turut hadir dalam acara itu mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan dalam mendukung program pemerintah kabupaten Lebong. Beliau berharap melalui program MT 2 dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

“Untuk saat ini kami masih tahap proyek dan belum produksi/area, sehingga ada keterbatasan untuk sementara kami masih memprioritaskan untuk masyarakat di WKP. Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 kedepannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya,” ungkap Uus.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak, Camat Lebong Tengah, Sugiarto, SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Danau Liang, serta Kepala Desa Danau Liang, Endang Karyawan. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here