/
/
headlineLebongpendidikan

Kuota Internet Gratis Mulai Dibagikan, Lebong Kapan?

106
×

Kuota Internet Gratis Mulai Dibagikan, Lebong Kapan?

Sebarkan artikel ini
INTERNET GRATIS

GO BENGKULU, LEBONG – Kendati sudah memasuki era new normal ternyata belum sepenuhnya kegiatan di tengah masyarakat berjalan normal. Masih banyak kegiatan yang harus dibatasi bahkan ditiadakan lantaran masih maraknya penyebaran wabah covid-19.

Contohnya di bidang pendidikan, saat ini masih banyak sekolah yang belum berani menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara normal (tatap muka, red). Para peserta didik (siswa, red) terpaksa harus mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan jaringan internet (daring). Untuk mengikuti PJJ tentunya memerlukan biaya lebih bagi siswa termasuk guru itu sendiri.

Menyikapi kondisi demikian itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membagikan kuota internet gratis kepada para siswa dan guru termasuk mahasiswa dan dosen selama empat bulan, terhitung mulai September hingga Desember 2020.

Tapi sayang, program pemerintah yang sudah berjalan itu belum menjamah Provinsi Bengkulu, terkhusus Kabupaten Lebong. Terbukti hingga hari ini, Minggu (27/9), belum satu pun siswa atau guru di Kabupaten Lebong yang mendapat bantuan kuota internet gratis dari pemerintah. Sehingga timbul pertanyaan besar di kalangan masyarakat, apakah program yang dikucurkan pemerintah tersebut hanya berlaku untuk daerah tertentu saja atau bagaimana.

Rincian kuota
Rincian kuota

Berpedoman pada Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, bantuan kuota data internet untuk bulan pertama (September), tahap I disalurkan pada tanggal 22 sampai 24 September 2020, tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020. Untuk bulan kedua (Oktober), tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020 kemudian tahap II akan disalurkan pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020. Terakhir untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan, yakni, tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020 dan tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong, H. Guntur, S.Sos., ME, melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan, Heri Arianto, M.Pd, ketika dikonfirmasi terkait hal itu beliau membenarkan bahwa bantuan kuota internet gratis dari pemerintah untuk siswa dan guru memang ada. Namun demikian, untuk Kabupaten Lebong belum bisa direalisasikan lantaran pihaknya belum menerima aplikasi yang harus diisi dari Kemendikbud. Pihaknya baru menerima surat terkait Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, sementara aplikasi untuk program tersebut belum diterimanya.

Dia menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan kuota internet dari pemerintah tersebut ada aplikasi khusus dari Kementrian yang harus diisi, meliputi, peserta didik ID sebagai kode unik peserta didik, pendidik ID sebagai kode unik pendidik, jenjang pendidikan, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), nama sekolah, provinsi, kabupaten, kecamatan dan nomor ponsel yang akan didaftarkan untuk diberikan kuota internet.

“Iya memang ada, tapi kami belum menerima aplikasinya, jadi kami belum bisa input data untuk calon penerimanya,” kata Heri.

Diakui Heri, dalam waktu dekat pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Kementrian terkait apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menyalurkan kuota internet gratis itu.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan pihak Kementrian, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera direalisasikan,” imbuhnya. (YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *