Operasi Patuh Nala Digelar, 19 Pelanggar Ditilang

0
987

GO BENGKULU, LEBONG – Operasi Patuh Nala 2020 dimulai, dan ditargetkan akan berlangsung selama 2 minggu terhitung sejak Kamis (23/7) kemarin, hingga 5 Agustus mendatang. Tidak terkecuali di wilayah hukum Polres Lebong, Polda Bengkulu. Operasi akan digelar di beberapa titik jalan perlintasan di wilayah hukum Polres Lebong. Operasi dimaksud guna meminimalisir pelanggaran dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi keterbiban berlalu lintas. Di hari ke-2 operasi digelar , Jumat (24/7), petugas berhasil menjaring sebanyak 19 pelanggaran yang semuanya merupakan pengendara roda dua (R2).

Dijelaskan Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, S.I.K, melalui Kasat Lantas, AKP. Panehan WS, operasi di tengah masa pandemi Covid-19 berbeda dari biasanya. Operasi digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan sarung tangan. Operasi juga lebih mengedepankan preemtif, preventif dan refresif.

“Di masa pandemi Covid-19 ini kita lebih mengedepankan preemtif, preventif dan refresif. Kita tidak semata-mata menilang pelanggar, tapi kita lebih condong mencegah dan memberi edukasi kepada pengendara agar tetap mematuhi ketertiban berlalu lintas demi keselamatan bersama,” ungkap Panehan.

Ditambahkannya, pelanggaran yang paling banyak ditemui terkait kelengkapan surat-surat, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang sudah habis masa berlakunya, pengendara tidak punya SIM (surat izin mengemudi),  tidak pakai helm, spion dan ada juga yang pakai knalpot racing (tidak standar, red).

“Kebanyakan pengendara tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat, seperti, SIM, STNK dan ada pula yang menggunakan kanpot racing,” imbuh Panehan.

Lebih jauh dia mengatakan, di samping melakukan penertiban terkait surat-surat dan kelengkapan kendaraan, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan penanganan Covid-19, setiap pengendara diimbau untuk menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.

“Kita juga sembari mensosialisasikan protokol kesehatan, pengendara yang tidak punya masker kita kasih masker gratis untuk dipakai agar terhindar dari wabah Covid-19,” tandasnya. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here