Di Kepahiang Akan Segera ada Program “Sikomandan”

0
335

GO BENGKULU, KEPAHIANG – Tidak lama lagi Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang akan segera merealisasikan sebuah program andalan dari Kementrian Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) yang diberi nama “Sikomandan”. Sikomandan ini ternyata bukanlah istilah sebutan untuk atasan atau pimpinan, tapi rupanya sebuah program bantuan hewan ternak dari Kementrian PKH “Sapi, Kerbau Komoditas Andalan Negeri”.

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, melalaui Kepala Bidang Peternakan, Rasikin, S.Pt, didampingi  Kepala Seksi (Kasi) Produksi dan teknologi Peternakan, Topian Edi, melalui program Sikomandan diharapkan akan mampu menjaga swasembada daging dan penguatan populasi ternak di masing-masing daerah.

“Ini adalah program Pemerintah Pusat melalui Kementrian PKH yang diperuntukan kepada kelompok masyarakat peternak,” ungkapnya, Kamis (16/7).

Terkait mekanisme siapa yang akan mendapat program tersebut, dia menjelaskan, pertama pemohon (kelompok peternak,red) harus mengajukan semacam proposal yang ditujukan ke Dinas Pertanian. Jika proposal sudah masuk tim survey akan turun ke lapangan untuk menilai, jika dianggap layak dan memenuhi persayaratan maka bantuan ternak akan segera diberikan.

“Kelompok peternak harus mengajukan proposal terlebih dahulu, nanti akan ada tim survey, jika persyaratannya lengkap dan dianggap layak barulah bantuan ternak akan segera disalurkan ke kelompok tersebut,” imbuhnya. (OJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here