Cegah Corona, MUI Imbau Sholat Ied di Rumah

0
520

GO BENGKULU, LEBONG – Hari raya Idul Fitri 1441 H menyisakan beberapa hari saja, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lebaran tahun ini umat muslim harus merelakan hari raya tanpa sholat Ied berjemaah di Masjid atau di lapangan seperti biasanya. Hal itu sesuai dengan imbauan yang dikeluarkan Majlis Ulama Indonesia (MUI), Kabupaten Lebong bersama tim penanganan Covid-19. Sesuai dengan fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Khaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19.

Ketua MUI Kabupaten Lebong, H. M Amin AR, dibincangi Selasa siang (19/5), beliau mengatakan, dalam rangka memutus tali rantai penyebaran pandemi Covid-19, umat muslim khususnya di Kabupaten Lebong diimbau untuk tidak melaksanakan sholat Idul Fitri berjemaah di Masjid atau di lapangan. Demikian itu bukan berarti sholat Ied tidak diperbolehkan, dijelaskan olehnya, saat ini bumi sedang dilanda pandemi Covid-19 yang diketetahui penyebarannya sungguh luar biasa. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memutus penyebaran wabah tersebut, di antaranya dengan tidak mendekati kerumunan atau menciptakan keramaian, termasuk sholat Idul Fitri berjemaah.

“Kita imbau untuk tidak melakukan sholat Ied berjemaah di Masjid atau di lapangan, hal itu dimaksud untuk menghindari kerumunan masa agar terhindar dari wabah Covid-19,” katanya.

Dia juga menjelaskan, sholat Ied hukumnya sunah muakkad atau sangat dianjurkan tapi hukumnya tidak wajib. Kalau dapat membahayakan diri, dalam agama juga tidak dibenarkan.

“Hukumnya sunah muakkad jika dalam kondisi aman, jika dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain agama juga melarang,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, dalam waktu dekat Pemkab Lebong akan segera mengirim surat edaran terkait imbauan tersebut ke desa-desa agar dapat dipatuhi dan disosialisasikan ke masyarakat.

“Kita akan segera kirim surat edarannya, silahkan sholat di rumah saja, kalau mau berjemaah jangan lebih dari 4 orang,” tutupnya. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here