Honor TKK Dibayar Sebelum Lebaran

0
578

GO BENGKULU, LEBONG – Sedikitnya terdapat 1600 Tenaga Harian Lepas Tetap (THLT) atau yang lebih dikenal dengan istilah Tenaga Kerja Kontrak (TKK), di lingkup Pemerintah Kabupaten Lebong mengeluh menjelang lebaran tahun ini/Idul Fitri 1441 H. Bagaimana tidak, sempat mencuat isu honor TKK di beberapa OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Lebong belum akan dibayar sebelum hari H lebaran ini, lantaran keuangan daerah sedang dalam keadaan tidak stabil.

Namun hal itu dibantah keras oleh Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Erik Rosyadi, S.STP. Dikatakan Erik, saat ini pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk pembayaran honor TKK yang tersebar di beberapa OPD. Beliau juga memastikan, honor akan dibayar sebelum hari raya Idul Fitiri, tergantung pengajuan dari OPD itu sendiri.

“Kalau untuk honor THLT dipastikan ada, honor mereka tetap kita utamakan, apalagi inikan momen lebaran dak mungkinlah kita dak bayar,” kata Erik, Senin (18/5).

Diakuinya, saat ini di Rekening Kas Daerah Kabupaten Lebong tersedia anggaran sekira Rp 37 miliar. Namun demikian, Erik juga tidak menampik kondisi keuangan daerah saat ini sedang dalam keadaan minim (kurang), lantaran ada penundaan transfer dari pusat sebesar 35 persen, sehingga pihaknya harus memilah mana yang harus diprioritaskan untuk dibayar. Dia menjelaskan, anggaran Rp 37 miliar yang tersedia di kas daerah itu, selain untuk GU (Ganti uang) OPD,  juga banyak untuk pembayaran kegiatan lain, seperti, DAK jalan, DAK irigasi dan DAK Kesehatan Non Fisik, termasuk juga Rp 3 miliar di dalamnya untuk dana penanganan Covid-19.

Lebih jauh terkait THR ASN, untuk saat ini beliau belum bisa memastikan apakah akan dibayar sebelum lebaran atau tidak, kalau seandainya anggarannya masih cukup maka akan dibayarkan, jika tidak maka akan dibayar setelah lebaran.

“Karena anggaran kita terbatas jadi kami harus memilah mana yang harus kita prioritaskan, untuk THR ASN kita lihat dulu, kalau memang masih ada anggarannya kita bayar sebelum lebaran tapi kalau anggarannya tidak cukup mau tidak mau akan kita bayar setelah lebaran,” jelas Erik. (YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here