500 Rumah di Kaur Dapat Bantuan Hibah Air Minum

0
388
Kantor Dinas PUPR Kabupaten Kaur

GO BENGKULU, KAUR – Bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Kaur terhadap kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat adalah melalui program hibah air minum dan hibah air limbah. Dijelaskan Kepala Dinas PUPR Kaur, Hifthario Syahputra, ST., M.Si. melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Doni Eka Saputra, ST., M.Si, hibah air minum dimaksud adalah berupa sambungan rumah (SR) untuk air bersih ke rumah masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah. Sementara hibah air limbah adalah bantuan MCK berupa kloset tanpa bilik dan septic tank. Kata Doni, pemerintah hanya menyediakan kloset dan septic tank. Untuk bilik diharapkan swadaya dari masyarakat penerima, mungkin bisa berupa seng bekas atau alat penutup pengganti dinding lainnya.

“Tahun ini kita akan realisasikan hibah air minum dan hibah air limbah kepada masyarakat kita yang tersebar di beberapa lokasi. Untuk air minum ada 11 desa, tersebar di beberapa kecamatan. Sementara untuk Hibah air limbah ada 8 desa tersebar di 5 Kecamatan,” kata Doni, Kamis (30/4).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kaur, Hifthario Syahputra, ST., M.Si.

Doni juga mengatakan, kegiatan tersebut diperkirakan akan dimulai pada awal Juni mendatang, saat ini sedang diproses di ULP untuk dilakukan lelang. Dia pun menjelaskan. pagu anggaran untuk hibah air limbah senilai Rp1miliar untuk 333 rumah. Sementara untuk hibah air bersih nilainya hampir sama untuk 500 rumah. Terkhusus untuk hibah air minum, sasarannya adalah desa eks program PAMSIMAS.

“Nilainya hampir sama, yakni senilai Rp 1 miliar. 333 rumah untuk hibah air limbah, dan 500 rumah untuk air  bersih,” terang Doni.

Diharapkannya, dengan adanya program hibah air minum dan hibah air limbah tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup masyarkat, terutama masyarakat yang masih berpenghasilan rendah agar tidak mengalami kesulitan air bersih dan memiliki MCK pribadi di rumahnya masing-masing.

“Semoga program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat kita, agar tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” demikian Doni.

Berikut desa yang mendapat program hibah air minum dan hibah air limbah:

Hibah air minum

  1. Desa Guru Agung, Kecamatan Kaur Utara
  2. Desa Cuko Henau, Kecamatan Kaur Utara
  3. Desa Rigangan 2, Kecamatan Kelam tengah
  4. Desa Bukit Indah, Kecamatan Kelam tengah
  5. Desa Ulak Pandan, Kecamatan Nasal
  6. Desa Sinar Mulia, Kecamatan Maje
  7. Desa Gunung Megang, Kecamatan Maje
  8. Desa Talang Padang, Kecamatan Kinal
  9. Desa Tanjung Iman II, Kecamatan Tanjung Kemuning
  10. Desa Lawang Agung, Kecamatan Lungkang Kule
  11. Desa Naga Rantai, Kecamatan Padang Guci Hulu.

Hibah air limbah

  1. Desa Ulak Agung, Kecamatan Padang Guci Ilir
  2. Desa Talang Besar, Kecamatan Padang Guci Ilir
  3. Desa Pulau Panggung, Kecamatan Padang Guci Ilir
  4. Desa Rigangan Kecamatan Kelam Tengah
  5. Desa Penandingan Kecamatan Kinal
  6. Desa Muara Saung, Kecamatan Muara Saung
  7. Desa Cipta Makmur, Kecamatan Muara Saung
  8. Desa Arga Mulia, Kecamatan Maje. (Adv/BoB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here