Jalan tak Kunjung Diperbaiki, Warga Memilih Gotong Royong

0
597

GO BENGKULU, KEPAHIANG – Tak kunjung diperbaiki pemerintah, puluhan warga berasal dari 5 Desa yang ada dikecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang, melakukan kegiatan gotong royong untuk memperbaiki jalan penghubung antar desa di Kecamatan tersebut, yang berada di Desa Cugung Lalang, pada Senin (23/3). Lima desa tersebut meliputi, Desa Bumi Sari, Desa Cugung Lalang, Desa Air Hitam, Desa Suro Bali dan Desa Tanjung Alam.

Diceritakan Armin Jaya selaku koordinator dalam kegiatan tersebut, jalan sepanjang 65 meter dengan lebar 4 meter yang sedang diperbaikinya itu dulunya merupakan jalan timbunan untuk mengantisipasi meluapnya sungai Musi. Seiring waktu, jalan yang dulunya ditimbun oleh pihak PLTA Musi itu tak kunjung di bangun oleh pemerintah sehingga kondisinya kian hari kian memperihatinkan, sementara jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar desa yang ada di Kecamatan  Ujan Mas.

“Jalan ini dulunya timbunan dari PLTA dengan tumpukan batu saja, jalan ini juga sering digenangi air jadi kita punya inisiatif sendiri gotong royong menimbun dengan aspalt bekas kerukan jalan yang ada di wilayah Kecamatan Merigi,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, aspalt bekas kerukan jalan itu diperoleh dari bantuan salah satu kepala dinas yang ada di Kabupaten Kepahiang yang dibelinya kepada supir dump truck dengan harga Rp500ribu per trucknya. Sejauh ini dia mengaku sudah menerima 6 truck aspalt bekas dan menurutnya jumlah itu cukup untuk menimbun jalan yang selalu digenangi air itu agar tetap bisa dilalui di saat air sungai Musi sedang naik.

“Sudah 6 truck dikirim ke sini dan jumlahnya cukup untuk menimbun jalan ini agar tetap bisa dilalui di saat air Musi sedang naik,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang, Rudi Silaloho, ST, dikonfirmasi terkait hal itu, beliau mengaku sangat mengapersiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh warga 5 desa tersebut. Dia juga mengaku jalan tersebut merupakan tanggung jawab Pemkab Kepahiang. Dan dirinya berjanji tahun depan akan berupaya untuk mengusulkan anggaran untuk peningkatan ataupun rehabilitasi jalan tersebut.

“Terimakasih kepada warga yang telah sudi bergotong royong untuk memperbaiki jalan tersebut. Kita akan upayakan anggarannya di tahun depan, apakah itu peningkatan ataupun rehab,” ungkapnya. (OJ)


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here