Pencairan DD ADD Sudah Siap, Desa Belum Ada yang Mengusulkan

0
668

GO BENGKULU, LEBONG – Dari 93 Desa yang ada di Kabupaten Lebong, belum satupun yang menyampaikan persyaratan untuk pencairan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2020. Demikian disampaikan Kepala Dinas PMD-Sos, Reko Haryanto, S.I.P., M.Si. melalui Kepala Bidang PMD, Eko Budi Santoso, SP., M.Eng, Senin (23/3). Dikatakan Eko, semua sudah siap, perbup sudah siap dan saat ini tinggal menunggu kelengkapan dari pihak desa untuk mencairkan DD dan ADD tahap I tahun 2020.

“Tinggal pihak desa lagi, kalau mereka sudah menyelesaikan seluruh kelengkapannya maka uangnya akan segera ditransfer dari KPPN,” kata Eko.

Eko juga mengatakan, mekanisme pencairan dana desa tahun 2020 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dijelaskannya, di tahun 2020 uang ditransfer langsung dari KPPN ke Rekening Kas Desa (RKD). Namun untuk itu semua, lanjut Eko, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi pihak desa meliputi, APBDes, kemudian surat pengantar yang ditandatangi bupati. Setelah itu harus ada surat pemindahan dana desa yang juga ditandatangani oleh bupati. Satu lagi yakni, surat pernyataan kebenaran penerimaan penyaluran dana desa dari Badan Keuangan Daerah.

“Proses administrasi dan kelengkapannya hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya transfernya saja yang berbeda, kalau tahun sebelumnya uang ditransfer dari KPPN ke RKUD dulu, baru kemudian dari RKUD ditransfer ke RKD, sementara untuk tahun 2020 uang akan ditransfer langsung dari KPPN ke RKD tanpa melalui RKUD,” terangnya.(YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here