16 Event Menarik di Kabupaten Lebong Tahun 2020

0
669

GO BENGKULU, LEBONG – Dalam rangka mempromosikan potensi daerah, Pemerintah Kabupaten Lebong akan menggelar 16 event wisata sepanjang tahun 2020 yang akan digelar setiap bulannya. Dimulai dari bulan Februari, tepatnya di tanggal 16 Februri beberapa waktu lalu, Kabupaten Lebong menggelar event termegah dan pertama di Provinsi Bengkulu yakni, Festival Kendurian. Festival Kendurian adalah, festival makan durian gratis yang digelar Pemkab Kabupaten Lebong di Desa Lemeu, Kecamatan Uram Jaya. Sebanyak 10000 pengunjung beramai-ramai datang di hari itu, bahkan 2000 buah durian yang disiapkan panitia pun ludes disantap pengunjung.

Kemudian di bulan Maret, Pemkab Lebong kembali akan menggelar Fishing Festival, yakni lomba memancing yang akan digelar 21 Maret mendatang. Masih di edisi Maret, tepatnya di tanggal 16 hingga 19, Pemkab Lebong akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten, untuk menjaring atlet-atlet berbakat guna mempersiapkan atlet untuk bertanding di Pekan Olahraga Daerah (tingkat Provinsi) mendatang.

Usai menggelar Pekan Olahraga Kabupaten, Kabupaten Lebong akan kembali diramaikan dengan oleh para biker dari berbagai daerah dalam acara Tubei On The Street Expo (TOSE). Tubei On The Street Expo, akan berlangsung selama tiga hari dimulai 10 hingga 12 April.

Dilanjut bulan Mei, dalam nuansa ramadhan, Pemkab Lebong akan menggelar Lebong Festival Ramadhan yang akan berlangsung selama 2 pekan, dimulai tanggal 4 hingga 16 Mei. Berbagai kegiatan dan perlombaan bernuansa religius akan digelar di acara itu.

Seusai Lebaran Idul Fitri, Kabupaten Lebong kembali akan diramaikan dengan kegiatan Lebong Road Race yang akan berlangsung selama 2 hari dimulai tanggal 6 hingga 7 Juni. Bukan hanya wisata darat, di bulan yang sama tepatnya tanggal 27 hingga 28 Juni Pemkab Lebong kembali menggelar event River and Lake Festival yang akan berlangsung di dua tempat destinasi wisata yakni Danau Tes dan lokasi star Arung Jeram Sungai Ketahun di sekitaran lokasi Hotel Dayang Reginang.

Bukan hanya bermain di aspal, di bulan Juli Pemkab Lebong juga akan mengajak para offroader bermain lumpur menjelajajahi keindahan alam Lebong, yakni Lebong Offroader Festival yang akan diramaikan oleh offroader-offroader dari berbagai daerah baik lokal Provinsi Bengkulu hingga luar Provinsi yang akan digelar selama 3 hari dimulai 17 hingga 19 Juli. Bak gayung bersambut, di hari penutupan Lebong Offroader Festival, dilanjutkan lagi dengan acara Festival Bujang Smulen yang akan berlangsung selama sepekan hingga 25 juli. Acara tersebut menyerupai pemilihan putri Indonesia, bedanya Festival Bujang Smulen akan memilih putra putri terbaik dan berbakat Kabupaten Lebong.

Di momen perayaan peringatan hari kemerdekan Republik Indonesia, Kabupaten Lebong akan menggelar Lebong Merah Putih Festival. Berbagai kegiatan akan diperlombakan untuk memeriahkan HUT RI yang akan dimulai dari tanggal 3 hingga 19 Agustus.

Dilanjut September, di bulan ini Kabupaten Lebong akan diramaikan oleh para pecinta burung. Selama tiga hari akan digelar Lebong Bird Festival yang dimulai tanggal 19 hingga 20 September.

Belum berakhir sampai di situ, di bulan Oktober kembali akan diramaikan dengan gemuruh irama drumband yang akan dimainkan oleh peserta dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Lebong. Lebong Festival Drumband akan berlangsung selama 2 hari yang akan dimulai tanggal 10 hingga 11. Masih di bulan Oktober, Kabupaten Lebong kembali akan diramaikan dengan Lebong Dragon Boat Festival yang akan berlangsung selama dua hari dimulai 17 hingga 18 Oktober. Lebong Dragon Boat Festival adalah festival lomba dayung perahu naga menyerupai lomba dayung tradisional. Bedanya, Dragon Boat bentuknya lebih besar yang satu perahunya bisa dinahkodai hingga 20 orang dan bentuknya menyerupai naga.

Dilanjut bulan November, Kabupaten Lebong kembali akan diramaikan oleh para trailer dari berbagai daerah dalam acara Lebong Trail Adventure akan berlangsung selama 2 hari dimulai 21 hingga 22 November. Masih di bulan yang sama, kali ini Kabupaten Lebong akan diramaikan oleh para fotografer se-Sumbagsel dalam acara Hunting Fotografy Se-Sumbagsel yang akan berlangsung selama 2 hari dimuali 28 hingga 29 November.

Puncaknya di penghujung tahun yakni dimulai dari 16 hingga 20 Desember akan digelar Lebong Expo dalam rangka memeriahkan HUT Lebong ke 17.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Ir.Edi Ramlan, M.Si, mengatakan, salah satu upaya untuk mempromosikan potensi daerah adalah dengan menggelar event-event keramaian yang diyakininya bisa menarik minat kunjung para wisatawan. Dengan kalender wisata yang disusun itu dipastikan Kabupaten Lebong akan ramai setiap bulannya di sepanjang tahun 2020. Dengan demikian diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dan tentunya dapat menunjang PAD.

“Kita menargetkan Kabupaten Lebong menjadi daerah destinasi wisata sesuai dengan salah satu 16 program unggulan pak Bupati. Dengan ramainya para wisatawan diharapkan perputaran uang di Kabupaten Lebong juga akan meningkat, dan tentunya harapan kita bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dan menunjang PAD,” terangnya.

Kalender wisata Kabupaten Lebong tahun 2020

(YF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here